Pengaruh Marketing Mix dan Pengetahuan Produk Tabungan Terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Pengaruh Marketing Mix dan Pengetahuan Produk Tabungan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Mochamad Alifi, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 2823133096, Pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE. M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangannya BMT Pahlawan Tulungagung terdapat kendala dalam pemahaman atau pengetahuan masyarakat umum yang kurang mengetahui tentang sistem ekonomi syari’ah dan pengoperasionalannya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan faktor produk terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan faktor harga terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan faktor tata letak tempat terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung (4) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan faktor promosi terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung? (5) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan produk tabungan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung? (6) Apakah marketing mix (produk, harga, tempat, dan promosi) dan pengetahuan produk tabungan secara bersama sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BMT Pahlawan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah simpanan di BMT Pahlawan Tulungagung dengan menggunakan teori slovin didapatkan sampel sebesar 100 responden melalui teknik sampling acak. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji regresi linier berganda didapatkan hasil persamaan berikut: Y= 0,291 + 0,127X1+ 0,399X3 + 0,465X3 - 0,180X4 + 0,175X5 Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel produk dan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Sedangkan variabel yang lain yaitu harga, lokasi dan pengetahuan produk tabungan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa varibel marketing mix (produk, harga, lokasi, promosi) dan pengetahuan produk tabungan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Kata kunci: Marketing Mix, Product Knowledge, Costumer Decisions