PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Lavinda Wahyu Febriani Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci:Student Teams Achievement Division (STAD), Ekspositori, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan karena pendidik mengajar dengan menggunakan metode ekspositori. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut denganmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mengetahui perbedaannya dengan metode ekspositori. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Apakah ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan ekspositori terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek? Dan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan ekspositori terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo Watulimo Trenggalek. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan kelas IV-B, dimana kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Data hasil tes peserta didik diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan Uji-T. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan ekspositori terhadap hasil belajar fiqih peserta didik dengan diketahui dengan nilai thitung> ttabel atau 3,054 > 2,018 pada taraf signifikan 5% dan besarnya rata-rata kelas eksperimen sebesar 93,4, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 88,41.