Daftar Isi:
  • ABSTRAK Waebuesa, Ulaiyah, NIM. 2811133305, “Implementasi Pendidikan Agama Islam untuk Membina Akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu Tahun Ajaran 2016/2017”, Jurusan tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung. Pembimbing: Drs. Asrop Safi’i M.Ag Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan agama Islam yang merupakan pelajaran wajib yang diberikan pada jenjang pendidikan yang ada di Indonesia baik pada tingkat dasar, menengah, maupun jenjang pendidikan tinggi agar mampu membentuk akhlak serta kepribadian anak didik sesuai dengan ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui pengajian kitab? (2) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui belajar membaca Al-qur’an? (3) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak siswa di madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui shalat berjama’ah? Skripsi ini bertujuan untuk 1) Mengkaji dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui pengajian kitab. 2) Mengkaji dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak siswa di madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui belajar membaca Al-qur’an. 3) Mengkaji dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak siswa di madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui shalat berjama’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk menghimpun data tentang proses implementasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang implementasi pendidikan agama Islam untuk membina akhlak siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu. Sedangkan dokumentasi dijadikan alat pengumpulan data dari bahan tertulis yang terdiri dari dokumen resmi dan foto kegiatan imlementasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa (1) implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui pengajian kitab adalah Pendidikan Agama Islam mengadakan peraturan atau disiplin, untuk membentuk kepribadian yang mulia pada peserta didik, mengembangkan agama Islam dan mendidik peserta didik yang tafaqquh fiddin (menguasai ilmu-ilmu agama), (2) implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui belajar membaca Al-qur’an adalah pelaksanaan atau upaya guru berbagai metode, mengadakan peraturan, menerangkan hukum tajwid dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menghayati dan membentuk peribadatan yang diyakini dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. (3) implementasi Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak Siswa di Madrasah Tarbiatul Athfal Nangka Hulu melalui shalat berjama’ah adalah pertama-tama mengadakan peraturan yang mewajibkan shalat berjamaah, menjelaskan hikmah shalat berjamaah, melatih melakukan perbuatan yang mulia sehingga menjadi kebiasaan dan kebiasaan bisa menjadi suatu budaya.