Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Widodo, Lenggang Wahyu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
ctrlnum 565
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/</relation><title>Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap&#xD; Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang&#xD; Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Widodo, Lenggang Wahyu</creator><subject>Matematika</subject><description>Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kreativitas.&#xD; Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang&#xD; sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar&#xD; siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran&#xD; diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut&#xD; serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif.&#xD; Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak&#xD; peserta didik untuk belajar secara aktif. Peserta didik dituntut sebagai subjek&#xD; sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran adalah&#xD; pendekatan matematika realistik.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh&#xD; Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa&#xD; kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? 2). Adakah&#xD; pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar&#xD; matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang tahun ajaran&#xD; 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk&#xD; mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas&#xD; belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang tahun ajaran&#xD; 2013/2014. 2). Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik&#xD; terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah&#xD; Gondang tahun ajaran 2013/2014.&#xD; Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif&#xD; sedangkan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian&#xD; ini adalah siswa kelas VIII Semester II MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang tahun ajaran&#xD; 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sample&#xD; diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Kelas&#xD; VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pada&#xD; kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik,&#xD; sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir&#xD; pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan&#xD; instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data&#xD; pada penelitian ini adalah metode tes.&#xD; Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua&#xD; kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen,&#xD; sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dalam menganalisa&#xD; hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS&#xD; diperoleh menggunakan independent samples t-test, data hasil post test diperoleh&#xD; nilai probabilitas (sig) = 0.001 &lt; 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada&#xD; xvii&#xD; pengaruh terhadap kreativitas belajar matematika dengan menggunakan&#xD; pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VIII MTs&#xD; Assyafi&#x2019;iyah Gondang pada materi luas permukaan, volume kubus dan balok.</description><date>2013-12-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf</identifier><identifier> Widodo, Lenggang Wahyu (2013) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>565</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Widodo, Lenggang Wahyu
title Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2013
topic Matematika
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kreativitas. Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif. Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Peserta didik dituntut sebagai subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran adalah pendekatan matematika realistik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? 2). Adakah pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014. 2). Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sample diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dalam menganalisa hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS diperoleh menggunakan independent samples t-test, data hasil post test diperoleh nilai probabilitas (sig) = 0.001 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada xvii pengaruh terhadap kreativitas belajar matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi luas permukaan, volume kubus dan balok.
id IOS7171.565
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:34Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:37Z
recordtype dc
_version_ 1674713349361762304
score 17.538404