Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Widodo, Lenggang Wahyu |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id/ |
ctrlnum |
565 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/</relation><title>Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap
Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang
Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Widodo, Lenggang Wahyu</creator><subject>Matematika</subject><description>Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kreativitas.
Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang
sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar
siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran
diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut
serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif.
Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak
peserta didik untuk belajar secara aktif. Peserta didik dituntut sebagai subjek
sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan matematika realistik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh
Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa
kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? 2). Adakah
pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar
matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk
mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas
belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014. 2). Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik
terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah
Gondang tahun ajaran 2013/2014.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
sedangkan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII Semester II MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sample
diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Kelas
VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pada
kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik,
sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir
pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan
instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini adalah metode tes.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua
kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen,
sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dalam menganalisa
hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS
diperoleh menggunakan independent samples t-test, data hasil post test diperoleh
nilai probabilitas (sig) = 0.001 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada
xvii
pengaruh terhadap kreativitas belajar matematika dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VIII MTs
Assyafi’iyah Gondang pada materi luas permukaan, volume kubus dan balok.</description><date>2013-12-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf</identifier><identifier> Widodo, Lenggang Wahyu (2013) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>565</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
Widodo, Lenggang Wahyu |
title |
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap
Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang
Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2013 |
topic |
Matematika |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/2/BAGIAN%20INTI%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/3/DAFTAR%20RUJUKAN%284%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/4/cover%283%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/565/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id/ |
contents |
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kreativitas.
Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang
sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar
siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran
diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut
serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif.
Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak
peserta didik untuk belajar secara aktif. Peserta didik dituntut sebagai subjek
sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan matematika realistik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh
Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa
kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? 2). Adakah
pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar
matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk
mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas
belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014. 2). Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik
terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah
Gondang tahun ajaran 2013/2014.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
sedangkan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII Semester II MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran
2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sample
diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Kelas
VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pada
kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik,
sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir
pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan
instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini adalah metode tes.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua
kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen,
sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dalam menganalisa
hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS
diperoleh menggunakan independent samples t-test, data hasil post test diperoleh
nilai probabilitas (sig) = 0.001 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada
xvii
pengaruh terhadap kreativitas belajar matematika dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VIII MTs
Assyafi’iyah Gondang pada materi luas permukaan, volume kubus dan balok. |
id |
IOS7171.565 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:34Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713349361762304 |
score |
17.538404 |