ctrlnum 5610
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/</relation><title>IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 NGUNUT</title><creator>ASTRI YANTIKA OKTAFINA, 2811133046</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>Skripsi dengan judul &#x201C;Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Ngunut&#x201D; ini ditulis oleh Astri Yantika Oktafina, NIM. 2811133046, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA., NIP. 19720115 199903 2 002.&#xD; Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan zaman yang kian hari semakin berkembang sehingga berimbas pada perubahan semua aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali perubahan pendidikan di Indonesia. Perubahan ini dirasa perlu agar pendidikan tetap mampu berjalan beriringan dengan keadaan dunia. Kurikulum menjadi kunci penting dalam pendidikan itu sendiri. Sehingga diperlukan perubahan suatu kurikulum yang sesuai dengan karakteristik zaman. Maka muncullah kurikulum baru yang disebut Kurikulum 2013. Dengan adanya kurikulum baru, bukanlah menjadi hal yang mudah terutama dalam implementasi kurikulum 2013 di suatu pembelajaran. Tidak terkecuali pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Implementasi kurikulum 2013 ini akan menjadi tantangan baru, khususnya pada pembelajaran yang terjadi di SMAN 1 Ngunut.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap perencanaan di SMAN 1 Ngunut, 2) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap pelaksanaan di SMAN 1 Ngunut, dan 3) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap penilaian di SMAN 1 Ngunut.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan peneliti sebagai instrumen utamanya. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ngunut yang terlaksana mulai tanggal 04 April 2017 sampai dengan 06 Mei 2017. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari person, place, dan paper. Dan metode pengumpulan data adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif yang bersifat pasif, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi tehnik.&#xD; Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap perencanaan dilakukan oleh semua guru SMAN 1 Ngunut dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran di awal tahun pelajaran. Perangkat pembelajaran seperti silabus, prota, promes, dan RPE dikembangkan secara bersama-sama oleh semua guru, sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan secara individu dengan berpedoman kepada silabus, 2) Pada tahap pelaksanaan sudah melakukan tiga kegiatan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajarannya sudah menggunakan pendekatan scientific. Hanya saja, penerapannya belum sempurna karena tidak semua materi menggunakan pendekatan tersebut, dan metode ceramah masih sering menghiasi kegiatan inti pembelajaran, 3) Tahap penilaian merupakan tahap yang dirasa paling sulit oleh para guru di implementasi kurikulum 2013. Namun, sudah terlihat bahwa penilaian keseluruhan sudah dilakukan pada kegiatan pembelajaran, dimulai dari penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.</description><date>2017-08-31</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ASTRI YANTIKA OKTAFINA, 2811133046 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ] </identifier><recordID>5610</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author ASTRI YANTIKA OKTAFINA, 2811133046
title IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 NGUNUT
publishDate 2017
isbn 9782811133047
topic Agama
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5610/
contents Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Astri Yantika Oktafina, NIM. 2811133046, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA., NIP. 19720115 199903 2 002. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan zaman yang kian hari semakin berkembang sehingga berimbas pada perubahan semua aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali perubahan pendidikan di Indonesia. Perubahan ini dirasa perlu agar pendidikan tetap mampu berjalan beriringan dengan keadaan dunia. Kurikulum menjadi kunci penting dalam pendidikan itu sendiri. Sehingga diperlukan perubahan suatu kurikulum yang sesuai dengan karakteristik zaman. Maka muncullah kurikulum baru yang disebut Kurikulum 2013. Dengan adanya kurikulum baru, bukanlah menjadi hal yang mudah terutama dalam implementasi kurikulum 2013 di suatu pembelajaran. Tidak terkecuali pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Implementasi kurikulum 2013 ini akan menjadi tantangan baru, khususnya pada pembelajaran yang terjadi di SMAN 1 Ngunut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap perencanaan di SMAN 1 Ngunut, 2) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap pelaksanaan di SMAN 1 Ngunut, dan 3) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap penilaian di SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan peneliti sebagai instrumen utamanya. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ngunut yang terlaksana mulai tanggal 04 April 2017 sampai dengan 06 Mei 2017. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari person, place, dan paper. Dan metode pengumpulan data adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif yang bersifat pasif, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi tehnik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap perencanaan dilakukan oleh semua guru SMAN 1 Ngunut dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran di awal tahun pelajaran. Perangkat pembelajaran seperti silabus, prota, promes, dan RPE dikembangkan secara bersama-sama oleh semua guru, sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan secara individu dengan berpedoman kepada silabus, 2) Pada tahap pelaksanaan sudah melakukan tiga kegiatan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajarannya sudah menggunakan pendekatan scientific. Hanya saja, penerapannya belum sempurna karena tidak semua materi menggunakan pendekatan tersebut, dan metode ceramah masih sering menghiasi kegiatan inti pembelajaran, 3) Tahap penilaian merupakan tahap yang dirasa paling sulit oleh para guru di implementasi kurikulum 2013. Namun, sudah terlihat bahwa penilaian keseluruhan sudah dilakukan pada kegiatan pembelajaran, dimulai dari penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
id IOS7171.5610
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:31Z
last_indexed 2020-10-18T05:13:21Z
recordtype dc
_version_ 1680865755024850944
score 17.538404