Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MTsN Pucanglaban Tulungagung”, ini ditulis oleh Desi Nurul Trihidayah, NIM. 2811133059. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan bahwa guru merupakan faktor terpenting dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk mempunyai kreativitas dan mendemontrasikannya dalam setiap pembelajaran. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran erat kaitannya dengan kreativitas dari seorang guru dalam pembelajarannya. Dalam hal ini kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan. Agar pembelajaran dapat efektif diperlukan media pembelajaran yang mampu mengintegrasikan materi dengan tujuan belajar. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Penggunaan media yang optimal merupakan salah satu indikator untuk mewujudkan prestasi belajar peserta didik yang optimal pula. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung ?, (2) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung ?, (3) Adakah pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual dan audio terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajarnaqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual dan audio terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Pucanglaban Tulungagung yang terdiri dari 161 siswa. Teknik sampling yaitu proporsional random sampling. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIII MTsN Pucanglaban Tulungagung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji F. xv Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2.763 > 2.026). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru dalam penggunaan media visual adalah 0.009 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.009 < 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2.176 > 2.026). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru dalam penggunaan media audio adalah 0.036 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.036 < 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual dan kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (201.107) > Ftabel (4.11) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0.000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0.000 < 0.05). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima.