PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Maungi Dhotul Khasanah, NIM. 2814133109, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Guided Inquiry, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar matematika yang kurang. Kesenjangan antara tujuan pembelajaran dengan kenyataan pembelajaran, membuat peneliti mencoba menggunakan suatu metode pembelajaran yang tepat. Banyak metode yang membuat siswa belajar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah metode pembelajaran guided inquiry. metode ini dapat mengupayakan siswa lebih aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung, 2) berapa besar pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo, 2) untuk mengetahui besar pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment, populasinya adalah siswa kelas VII MTsN Karangrejo berjumlah 389 siswa teknik purposive sampling, sampelnya siswa kelas VII E dan VII F, dalam penelitian ini juga digunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil hitung menunjukkan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,333 > 1,662 pada taraf signifikasi 5% yang artinya menolak H_0 dan menerima H_a, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Besar pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap prestasi belajar materi perbandingan pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung adalah 0,92, di dalam interpretasi nilai Cohen’s d adalah 82% termasuk kategori large atau tinggi.