Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping), Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang terjadi dalam pendidikan matematika di sekolah, yang pada umumnya proses pembelajaran di kelas seorang guru menyampaikan materi sedangkan siswa mendengarkan. Oleh sebab itu, perlunya seorang guru kreatif dalam menentukan metode pembelajaran agar siswa aktif, kreatif, inovatif dan semangat dalam belajar matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013? (2) Seberapa besar pengaruh metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tidaknya metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013 dan seberapa besar pengaruh metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara (interview), tes tertulis, dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Huda yang berjumlah 90 siswa. Samplingnya menggunakan teknik simple random sampling (sampel acak). Sampelnya adalah kelas VII A berjumlah 31 siswa dan VII C berjumlah 29 siswa, jadi totalnya 60 siswa. Analisis data dengan bantuan SPSS 16.0 for windows dari hasil perhitungan diperoleh nilai df sebesar 58 berada diantara 40 dan 60, maka digunakan nilai db yang terdekat yaitu db = 60, pada taraf signifikansi tt 5% = 2,000. Diketahui nilai tempirik/thitung “te” lebih besar daripada nilai tteoritik/ttabel “tt”, dengan nilai te yaitu 6,630 atau te > tt 5%, atau 6,630 > 2,000. Hipotesis diterima artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pemetaan pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2012/2013, dan besar pengaruhnya adalah 21,8% termasuk dalam kategori rendah.