PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Dwi Pambudi, 2814123008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/2/Bab%201.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/3/Bab%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/4/Bab%203.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/5/Bab%204.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/6/Bab%205.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/7/Bab%206.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4869/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dwi Pambudi dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions), hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika merupakan pondasi yang mendasar bagi ilmu pengetahuan yang lain. Tetapi pada kenyataannya banyak siswa yang kurang menyukai matematika. Banyak yang merasa bosan dengan konsep matematika yang bersifat abstrak. Berkaitan dengan masalah ini, maka perlu suatu model pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD membantu siswa menemukan konsep-konsep pembelajaran yang abstrak dengan berproses secara kelompok yang di dalamnya ada proses interaksi tanya jawab tentang permasalahan suatu topik pembelajaran. Siswa cenderung lebih terbuka pada teman seusianya dibandingkan dengan guru sehingga model pembelajaran STAD dengan sistem belajar kelompok dirasa menjadi solusi permasalahan pembelajaran di kelas. Maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk diterapkan pada proses pembelajaran di kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII B - J MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Cluster Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII E dan VIII H. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post-test dan dokumentasi. Post-test digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa MTsN Tunggangri Kalidawir yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data 1. Daftar nama siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. 2. Deskripsi tempat penelitian. 3. Nilai pelajaran Semester Ganjil kelas VIII E dan H tahun ajaran 2015/2016 bidang studi matematika. Penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai t hitung= 4,9592417 dan 4,953, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t tabel = 1,99125 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t hitung > t tabel, sehingga disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika siswa materi lingkaran kelas VIII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung dan besarnya pengaruh adalah besar dilihat dari perhitungan nilai effect size yaitu sebesar 1,119 atau 86%.