HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurul Huda, NIM : 2811123183, “Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Tulungagung”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Tulungagung, 2016, Pembimbing : Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar dan pendiddikan agama Islam Penulisan skripsi ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang beranggapan bahwa, pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) tidak termasuk pelajaran yang di-UAN-kan, hal ini mengakibatkan keberadaannya seringkali kurang mendapat perhatian. Hal ini tentu akan mengurangi hasil yang kurang maksimal terhadap pembelajaran PAI itu sendiri karena dalam diri siswa sendiri tidak mempunyai motivasi yang besar dalam mengikuti pembelajaran PAI. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama Islam SMPN 6 Tulungagung?, (2). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 6 Tulungagung?, (3)Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 6 Tulungagung?. Sehingga dengan jelas dapat diketahui tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu : untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar, mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar, dan mngetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 6 Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasi diskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Tulungagung dengan jumlah 397 siswa, sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 92 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket / kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan uji korelasi non parametric analisis korelasi kendall’s tau dan spearman. Setelah diadakan pembahasan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut : Pertama, nilai signifikansi dari korelasi Kendall’s tau_b dan spearman rho sebesar 0,000 dan 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka hipotesis kerja diterima yang artinya ada hubungan yang berarti antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 6 Tulungagung. Kedua, nilai signifikan dari korelasi Kendall’s tau_b dan Spearman’s rho sebesar 0,218 dan 0,221. Karena nilai 0,218 dan 0,221 > 0,05 maka hipotesis kerja ditolak, dan hipotesis nol diterima yang artinya tidak ada hubungan yang berarti antara motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 6 Tulungagung. Ketiga, nilai signifikansi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,031 dengan analisis korelasi kendall’s tau dan sebesar 0,035 dengan analisis korelasi spearman kedua nilai ini < 0,05, jadi kesimpulannya hipotesis kerja diterima, yang artinya ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 6 Tulungagung.