Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitan ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, jumlahnya 75 siswa dengan sampel kelas VIII A sebanyak 38 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data: 1) Dokumentasi dan 2) Tes. Analisis data menggunakan T-test. Hasil analisis data menunjukkan: ada pengaruh yang signifikan strategi contextual teaching and learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung= 2,066, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2.000. karena thitung > ttabel maka Ho ditolak Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning, Problem Solving, Matematika