PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEGENSI) TERHADAP MOTIVASI dan PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Bisri Afandi, NIM. 2814123006, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Motivasi, Prestasi Belajar Pelajaran matematika dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi sebagian siswa. Persepsi tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika yang berakibat pada buruknya prestasi belajar mereka. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung apabila diterapkannya model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi). Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa Al-Ma’arif Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa Al-Ma’arif Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai t_hitung (2,317)> t_tabel (1,98698 ) pada taraf signifikansi 5%, (2) ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai t_hitung (6,821 )> t_tabel (1,98698 ) pada taraf signifikansi 5%, (3) ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelegensi) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Materi Himpunan Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan oleh harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi 0,000 yang arinya nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semua signifikan.