Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika dianggap sebagai bidang studi yang paling sulit. Menjadikan motivasi untuk belajar menjadi rendah dan juga pemahaman siswa berkurang terutama ketika memasuki materi yang dianggap sulit, para siswa akan langsung mengeluh ketika baru mendapat masalah. Oleh karena itu seorang guru harus mempunyai cara agar motivasi belajar dan hasil pembelajaran matematika dapat ditingkatkan. Salah satu caranya dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Media pembelajaran audio-visual adalah media untuk menyalurkan informasi dengan gambar dan suara dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual anggapan siswa tentang matematika akan berubah sehingga proses belajar matematika menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian adalah: a) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs N Kunir tahun ajaran 2015/2016. b) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs N Kunir tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-10 dan siswa kelas VIII-11 MTs N Kunir. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs N Kunir. Hal ini bisa dilihat dari nilai t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 dan thitung = 3,04. Sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs N Kunir. Hal ini bisa dilihat dari nilai t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 dan thitung = 2,01. Sehingga thitung > ttabel..