ctrlnum 4633
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR</title><creator>DAIMATUL KAROMAH, 2817123032</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar&#x201D; ini ditulis oleh Daimatul Karomah, NIM.2817123032, pembimbing bimbing Drs.H.Jani, MM. M.Pd&#xD; &#xD; Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.&#xD; &#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan cara mengajar guru yang masih monoton dengan menggunakan metode yang kurang bervariasi. Akibatnya hasil belajar peserta didik kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar.&#xD; &#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016? Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016?&#xD; &#xD; Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI DarussalamWonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016.&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dengan jumlah 22 anak. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai.&#xD; &#xD; Berdasarkan paparan data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Sedangkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah indonesia ada peningkatan. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata pre tes 45,54 meningkat pada post tes siklus I menjadi 69,09 kemudian meningkat menjadi 82,90 pada post tes siklus II.Dengan persentase ketuntasan pre tes 22,73% meningkat pada post tes siklus I 54,55% kemudian meningkat menjadi 81,81% pada post tes siklus II.</description><date>2017-01-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/1/BAGIAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/6/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> DAIMATUL KAROMAH, 2817123032 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ] </identifier><recordID>4633</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author DAIMATUL KAROMAH, 2817123032
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR
publishDate 2017
isbn 9782817123035
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/1/BAGIAN%20AWAL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/2/BAB%201.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/5/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/6/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4633/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Daimatul Karomah, NIM.2817123032, pembimbing bimbing Drs.H.Jani, MM. M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan cara mengajar guru yang masih monoton dengan menggunakan metode yang kurang bervariasi. Akibatnya hasil belajar peserta didik kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016? Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI DarussalamWonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dengan jumlah 22 anak. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Berdasarkan paparan data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Sedangkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah indonesia ada peningkatan. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata pre tes 45,54 meningkat pada post tes siklus I menjadi 69,09 kemudian meningkat menjadi 82,90 pada post tes siklus II.Dengan persentase ketuntasan pre tes 22,73% meningkat pada post tes siklus I 54,55% kemudian meningkat menjadi 81,81% pada post tes siklus II.
id IOS7171.4633
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:24Z
last_indexed 2020-10-18T05:13:12Z
recordtype dc
_version_ 1680865750823206912
score 17.538404