PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Main Author: KAMIM TOHARI, 2817123083
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/2/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4629/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Kamim Tohari yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci : Picture and picture, Keaktifan dan Hasil belajar Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam Tanen, pada mata pelajaran IPS. Masalah utama yang ingin dijawab dalam peneitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang mencapai 75%, (2) adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar siswa diatas KKM 70 yang mencapai 75% dari jumlah siswa kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. kedua peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat, yang meliputi: perhatian siswa, kerja kelompok, pengerjaan tugas, bertanya dan presentasi. Ratarata keaktifan siswa siklus I meningkat menjadi 69,21%, siklus II rata-rata keaktifan siswa lebih meningkat lagi menjadi 91,31%. ketiga hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 70, pada siklus II lebih meningkat menjadi 84,73. Peningkatan hasil belajar siklus I 12,64 dan siklus II 14,73. Berdasarkan pencapaian hasil KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah yaitu 70, setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 68,42%, dan pada penelitian siklus II siswa yang mencapai KKM adalah 89,47%.