PENGARUH PERSEPSI, CITRA MEREK, DAN PERIKLANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU NGUNUT TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi, Citra Merek, dan Periklanan terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Tarwiyatun Niza, NIM. 2923123141, pembimbing Drs. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa perkembangan bank yang semakin pesat menjadikan persaingan antar bank konvensional dan bank syariah menjadi semakin ketat dalam memperebutkan nasabah. Selain itu, setiap nasabah mempunyai sudut pandang tersendiri dalam menginterpretasikan setiap informasi yang diterima. Dalam hal ini peneliti menguji pengaruh persepsi, citra merek, dan periklanan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) apakah persepsi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung? (2) apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung? (3) apakah periklanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung? (4) apakah variabel persepsi, citra merek, dan periklanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ngunut Tulungagung? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis analisis asosiatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik analisis yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden, analisis deskriptif variabel, uji asumsi prasyarat, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi, citra merek, dan periklanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung nasabah. Nilai adjusted R2 yaitu sebesar 44,5%, maka hal ini berarti variabel minat menabung nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel persepsi, citra merek, dan periklanan. Sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini. Kata Kunci : Persepsi, Citra Merek, Periklanan, Minat Menabung