UPAYA GERAKAN PEMUDA ANSOR DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAN RUTINAN SHALAWAT HIMMATA PADA REMAJA DI DESA KEBONAGUNG KECAMATAN WONODADI BLITAR
Daftar Isi:
- ABSTRAK Khoirul Arif, NIM: 2816133102, “Upaya Gerakan Pemuda Ansor Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Melalui Kegiatan Rutinan Shalawat HIMMATA pada Remaja di Desa Kebonagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016, dosen pembimbing: Luluk Atiratu Zahro, M.Pd.I, NIP. 197110261999032002. Penelitian ini di latar belakangi karena semakin banyaknya remaja di Desa Kebonagung yang salah pergaulan sehingga merusak akhlaknya. Sehingga GP Ansor perlu melakukan pendidikan akhlak bagi remaja Desa Kebonagung melalui kegiatan keagamaan yang salah satunya kegiatan shalawat HIMMATA untuk meningkatkan akhlakul karimah para remaja di Desa Kebonagung. Untuk itu peneliti berkeinginan untuk meneliti upaya GP Ansor dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui kegiatan shalawat HIMMATA pada remaja di Desa Kebonagung. Fokus Penelitian : 1. Bagaimana metode GP Ansor dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui kegiatan shalawat HIMMATA pada remaja di desa Kebonagung?, 2. Bagaimana hasil dari metode GP Ansor dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui kegiatan shalawat HIMMATA pada remaja di desa Kebonagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode yang di gunakan dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui kegiatan rutinan Shalawat HIMMATA pada remaja di Desa Kebonagung Kecamatan Wonodadi Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan hasil dari meningkatkan akhlakul karimah melalui kegiatan rutinan shalawat HIMMATA pada remaja di Desa Kebonagung Kecamatan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama adalah GP Ansor. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian: Metode GP Ansor dalam meningkatkan akhlakul karimah remaja melalui kegiatan shalawat HIMMATA diataranya: a. Metode pembiasaan/rutinitas, b. Metode nasihat, c. Metode memakai rebana, d. Metode pemberian reward.. Hasil dari penggunaan metode untuk meningkatkan akhlakul karimah remaja: a. dalam metode rutinas/pembihasaan dirasa sudah berjalan dengan efektif, b. Dalam metode nasihat masih kurang mengena terhadap remaja dikarenakan sifat remaja berbeda-beda, c. Dalam metode menggunakan alat musik rebana sudah menarik perhatian remaja dikarenakan sifat remaja yang terlihat lebih energik dalam melantunkan shalawat HIMMATA menggunakan rebana, d. Dalam metode pemberian penghargaan sudah mampu memberikan semangat dan antusias remaja dalam mengikuti shalawat HIMMATA dengan begitu diharapkan akan meningkatnya akhlakul karimah remaja desa kebonagung.