ctrlnum 4257
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/</relation><title>PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA&#xD; DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR PONDOK PESANTREN&#xD; PANGGUNG TULUNGAGUNG</title><creator>LILIK NUR KHOLIDAH, 2811123012</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Abstrak&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Peran Guru dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung&#x201D; ini ditulis oleh Lilik Nur Kholidah, NIM. 2811123012, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag.&#xD; Kata Kunci : Peran Guru, Karakter&#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena peranan penting guru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akademik saja, akan tetapi guru juga mempunyai peranan penting dalam membangun karakter siswa. Keberhasilan dalam membangun karakter siswa tidak lepas dari banyak faktor pendukung. Keberhasilan dalam hal ini adalah sosok yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi bagaimana dapat berkontribusi sebanyak mungkin untuk orang lain dan masyarakat. Dengan demikian, maka karakter yang paling ideal yang dimiliki dan dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah intelektual profetik. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Nabi Muhammad merupakan sosok teladan yang berpengaruh di dunia yang menjadi uswatun khasanah bagi umat Islam. &#xD; Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (2). Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (3). Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (2). Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (3). Untuk mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Orientasi teoritis yang digunakan bertumpu pada pendekatan studi fenomenologi. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, dan siswa. 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, prosedur pengungkapan data mengenai pean guru dalam membangun karakter siswa. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data dan selanjutnya menarik kesimpulan.&#xD; Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung tidak hanya diberikan ketika proses belajar mengajar saja, akan tetapi juga dilakukan diluar proses belajar mengajar, dan dengan membiasakan budaya religius di lingkungan SDI Al-Munawwar Tulungagung. 2) Peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulunggagung yang dilakukan secara terus menerus, dan bertahap serta guru memberi dan menjadi contoh yang baik atau Uswatun Khasanah bagi siswa. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung dilakukan ketika di lingkungan sekolah baik didalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran selain itu juga dilakukan dengan penilaian di lingkungan keluarga melalui buku penghubung (assessment).</description><date>2016-12-20</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/1/Cover%20i-xviii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/8/Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/9/Daftar%20Rujukan.pdf</identifier><identifier> LILIK NUR KHOLIDAH, 2811123012 (2016) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>4257</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author LILIK NUR KHOLIDAH, 2811123012
title PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG
publishDate 2016
isbn 9782811123017
topic Agama
Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/1/Cover%20i-xviii.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/2/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/7/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/8/Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/9/Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4257/
contents Abstrak Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Lilik Nur Kholidah, NIM. 2811123012, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena peranan penting guru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akademik saja, akan tetapi guru juga mempunyai peranan penting dalam membangun karakter siswa. Keberhasilan dalam membangun karakter siswa tidak lepas dari banyak faktor pendukung. Keberhasilan dalam hal ini adalah sosok yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi bagaimana dapat berkontribusi sebanyak mungkin untuk orang lain dan masyarakat. Dengan demikian, maka karakter yang paling ideal yang dimiliki dan dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah intelektual profetik. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Nabi Muhammad merupakan sosok teladan yang berpengaruh di dunia yang menjadi uswatun khasanah bagi umat Islam. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (2). Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (3). Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (2). Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (3). Untuk mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Orientasi teoritis yang digunakan bertumpu pada pendekatan studi fenomenologi. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, dan siswa. 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, prosedur pengungkapan data mengenai pean guru dalam membangun karakter siswa. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data dan selanjutnya menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung tidak hanya diberikan ketika proses belajar mengajar saja, akan tetapi juga dilakukan diluar proses belajar mengajar, dan dengan membiasakan budaya religius di lingkungan SDI Al-Munawwar Tulungagung. 2) Peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulunggagung yang dilakukan secara terus menerus, dan bertahap serta guru memberi dan menjadi contoh yang baik atau Uswatun Khasanah bagi siswa. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung dilakukan ketika di lingkungan sekolah baik didalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran selain itu juga dilakukan dengan penilaian di lingkungan keluarga melalui buku penghubung (assessment).
id IOS7171.4257
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:20Z
last_indexed 2020-09-27T16:13:26Z
recordtype dc
_version_ 1679004427399200768
score 17.538404