ctrlnum 4140
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/</relation><title>PENGEMBANGAN KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SISTEM FULLDAY SCHOOL (Studi Multisitus Di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)</title><creator>ARIS TAUFIQIN, 1756144008</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Tesis dengan judul &#x201C;Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem Fullday School&#x201D; (Studi Multisitus di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung) ini ditulis oleh Aris Taufiqin dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim, M.H.I dan Dr. Moh. Jazeri, M. Pd.&#xD; Kata Kunci: &#x201C;Pengembangan Kurikulum, sistem Fullday School&#x201D; &#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan disegala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi pendidikan Agama Islam. Salah satu hal tersebut adalah didirikannya sekolah sehari penuh atau biasa dikenal dengan sebutan Full Day School. Sistem fullday school didesain untuk mengembangkan dan meningkatkan tingkat kecerdasan Intellegence Quotient (IQ), Emitional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Skill Quotient (SQ). dengan berbagai inovasi pendidikan yang efektif dan aktual.&#xD; Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang &#x201C;Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem Fullday School&#x201D; (Studi multisitus di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung) Sedangkan rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan sistem fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana model pengembangan kurikulum PAI sistem full day School di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa sajakah faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan kurikulum PAI sistem fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung?&#xD; Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, sementara dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kurikulum sekolah yang mengintregalkan antara kurikulum Nasional dan kurikulum sekolah serta dipadu dengan kurikulum Pesantren dan Madrasah Diniyah. (2) Model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung merupakan model pengembangan kurikulum yang menerapkan empat pendekatan yang ada, diantaranya: pendekatan subjek akademis, pendekatan humanistik, pendekatan teknologis dan pendekatan rekonstruksi sosial yang disesuaikan dengan karakteristik siswa disetiap bahan kajian dan mata pelajaran. (3) Faktor pendukung dalam penerapan fullday school untuk pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung diantaranya sarana dan prasarana yang lengkap, adanya dukungan dari orang tua siswa atau masyarakat dan adanya guru yang kompeten di bidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan dan jiwa psikologis siswa berbeda-beda, terkadang timbul rasa malas dikalangan guru, pendanaan sekolah yang kurang serta kurangnya koordinasi dengan institusi atau lembaga di atasnya.</description><date>2016-11-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> ARIS TAUFIQIN, 1756144008 (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SISTEM FULLDAY SCHOOL (Studi Multisitus Di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ] </identifier><recordID>4140</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ARIS TAUFIQIN, 1756144008
title PENGEMBANGAN KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SISTEM FULLDAY SCHOOL (Studi Multisitus Di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)
publishDate 2016
isbn 9781756144002
topic Agama
Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/2/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/4/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/3/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/7/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4140/
contents ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem Fullday School” (Studi Multisitus di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung) ini ditulis oleh Aris Taufiqin dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim, M.H.I dan Dr. Moh. Jazeri, M. Pd. Kata Kunci: “Pengembangan Kurikulum, sistem Fullday School” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan disegala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi pendidikan Agama Islam. Salah satu hal tersebut adalah didirikannya sekolah sehari penuh atau biasa dikenal dengan sebutan Full Day School. Sistem fullday school didesain untuk mengembangkan dan meningkatkan tingkat kecerdasan Intellegence Quotient (IQ), Emitional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Skill Quotient (SQ). dengan berbagai inovasi pendidikan yang efektif dan aktual. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem Fullday School” (Studi multisitus di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung) Sedangkan rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan sistem fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana model pengembangan kurikulum PAI sistem full day School di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa sajakah faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan kurikulum PAI sistem fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, sementara dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan fullday school di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kurikulum sekolah yang mengintregalkan antara kurikulum Nasional dan kurikulum sekolah serta dipadu dengan kurikulum Pesantren dan Madrasah Diniyah. (2) Model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung merupakan model pengembangan kurikulum yang menerapkan empat pendekatan yang ada, diantaranya: pendekatan subjek akademis, pendekatan humanistik, pendekatan teknologis dan pendekatan rekonstruksi sosial yang disesuaikan dengan karakteristik siswa disetiap bahan kajian dan mata pelajaran. (3) Faktor pendukung dalam penerapan fullday school untuk pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung diantaranya sarana dan prasarana yang lengkap, adanya dukungan dari orang tua siswa atau masyarakat dan adanya guru yang kompeten di bidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan dan jiwa psikologis siswa berbeda-beda, terkadang timbul rasa malas dikalangan guru, pendanaan sekolah yang kurang serta kurangnya koordinasi dengan institusi atau lembaga di atasnya.
id IOS7171.4140
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:18Z
last_indexed 2020-09-27T16:13:24Z
recordtype dc
_version_ 1679004426846601216
score 17.538404