ctrlnum 4067
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/</relation><title>PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR</title><creator>NUR FITRI LESTARI, 2811123179</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar&#x201D; ini ditulis oleh Nur Fitri Lestari, NIM. 2811123179, pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A.&#xD; &#xD; Kata kunci : Pengembangan Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pendidikan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru harus mampu memotivasi siswa, oleh karenanya guru harus mampu memilih metode yang tepat, media, dan juga pengelolaan kelas yang dapat memberikan kenyamanan dan memotivasi siswa dalam belajar.&#xD; Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? &#xD; Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang kedua untuk mengetahui strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, dan yang ketiga untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar.&#xD; Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pola penelitian: deskriptif: teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi.&#xD; Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut:1) dalam mengembangkan metode pembelajaran guru menggunakan metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan mengkombinasikan antara metode satu dengan yang lainnya contohnya mengkombinasikan metode diskusi dengan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas, 2) dalam memilih media pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, menyesuaikan dengan tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai, mempertimbangkan apakah media itu disukai oleh siswa, 3) strategi yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas yaitu: memberikan pertanyaan-pertanyaan, seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil di awal pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa terhadap materi pelajaran. memberi kebebasan kepada siswa untuk memilih tempat duduk seperti membentuk lingkaran-lingkaran kecil dalam diskusi kelompok.</description><date>2016-11-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/4/1.%20Cover%2C%20Bagian%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/1/2.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/2/3.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/3/4.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/5/5.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/6/6.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/7/7.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/8/8.%20Daftar%20Rujukan.pdf</identifier><identifier> NUR FITRI LESTARI, 2811123179 (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ] </identifier><recordID>4067</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author NUR FITRI LESTARI, 2811123179
title PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR
publishDate 2016
isbn 9782811123178
topic Agama
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/4/1.%20Cover%2C%20Bagian%20Awal.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/1/2.%20BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/2/3.%20BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/3/4.%20BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/5/5.%20BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/6/6.%20BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/7/7.%20BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/8/8.%20Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4067/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nur Fitri Lestari, NIM. 2811123179, pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata kunci : Pengembangan Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pendidikan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru harus mampu memotivasi siswa, oleh karenanya guru harus mampu memilih metode yang tepat, media, dan juga pengelolaan kelas yang dapat memberikan kenyamanan dan memotivasi siswa dalam belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang kedua untuk mengetahui strategi guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar, dan yang ketiga untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kunir Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pola penelitian: deskriptif: teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut:1) dalam mengembangkan metode pembelajaran guru menggunakan metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan mengkombinasikan antara metode satu dengan yang lainnya contohnya mengkombinasikan metode diskusi dengan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas, 2) dalam memilih media pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, menyesuaikan dengan tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai, mempertimbangkan apakah media itu disukai oleh siswa, 3) strategi yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas yaitu: memberikan pertanyaan-pertanyaan, seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil di awal pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa terhadap materi pelajaran. memberi kebebasan kepada siswa untuk memilih tempat duduk seperti membentuk lingkaran-lingkaran kecil dalam diskusi kelompok.
id IOS7171.4067
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:16Z
last_indexed 2020-09-27T16:13:23Z
recordtype dc
_version_ 1679004426370547712
score 17.538404