ctrlnum 4044
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR&#x2019;AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR&#x2019;AN DI SD ISLAM DAN TAHFIDZ BAITUL QUR&#x2019;AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG</title><creator>INA MAHFIROH, 2811123010</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><subject>Pendidikan Isl&#xE0;m</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Peningkatan Kemampuan Hafalan Al-Qur&#x2019;an Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur&#x2019;an di SD Islam &amp; Tahfidz Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung&#x201D;, yang ditulis oleh Ina Mahfiroh ini dibimbing oleh Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I., NIP. 19720601 200003 1 002&#xD; Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidzul Qur&#x2019;an.&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya kesadaran masyarakat Islam akan pentingnya belajar terutama belajar Al-Qur&#x2019;an. Selain itu, kurangnya pengetahuan mereka tentang Al-Qur&#x2019;an yang menjadikan masyarakat enggan mempelajarinya, padahal Al-Qur&#x2019;an menjadi pedoman utama umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia. Al-Qur&#x2019;an menjadi sumber dari semua pengetahuan yang ada dunia baik kehidupan terdahulu maupun yang akan datang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara mendalam tentang isi Al-Qur&#x2019;an karena Al-Qur&#x2019;an tidak pernah menceritakan kebohongan untuk umat Islam.&#xD; Rumusan masalah dala skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SDIT Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(2) bagaimana strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SDIT baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(3) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dan setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SD Islam &amp; Tahfidz Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SDIT Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung, untuk menjelaskan strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SDIT Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung , dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an di SDIT Baitul Qur&#x2019;an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung.&#xD; Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian kualitatif. pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan tekhnik observasi partisipan, wawancara mendalam, serta tekhnik dokumentasi. Untuk analisa data digunakan tekhnik analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menyebutkan, strategi sorogan yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam membantu anak-anak dalam menghafal dan meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidzul qur&#x2019;an. Anak-anak lebih mudah dalam mengahafal dan guru pun bisa membantu serta bisa langsung mengoreksi dan memperbaiki bacaan atau tajwid dalam Al-Qur&#x2019;an yang masih kurang benar. Strategi setoran adalah suatu strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan hafalan anak secara individu. Adapun dalam strategi setoran didukung oleh strategi lainnya anatara lain muroja&#x2019;ah, talaqi, kompetisi dan program karantina. Faktor Pendukung guru SD Islam &amp; Tahfidz Baitul Qur&#x2019;an dalam menerapkan pembelajaran menghafal Al-Qur&#x2019;an adalah faktor usia santri, faktor kecerdasan siswa, faktor tujuan dan minat menghafal Al-Qur&#x2019;an, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan sering manghambat siswa dalam menghafal adalah munculnya sifat malas pada diri siswa, kesulitan siswa dalam menghafal, kelupaan siswa terhadap ayat-ayat yang telah dihafal, masih kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi siswa untuk takrir hafalan dirumah dan kebanyakan bermain.</description><date>2016-11-03</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/2/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> INA MAHFIROH, 2811123010 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR&#x2019;AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR&#x2019;AN DI SD ISLAM DAN TAHFIDZ BAITUL QUR&#x2019;AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>4044</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author INA MAHFIROH, 2811123010
title PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM DAN TAHFIDZ BAITUL QUR’AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG
publishDate 2016
isbn 9782811123017
topic Agama
Pendidikan Dasar
Pendidikan Islàm
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/2/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/1/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/7/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4044/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung”, yang ditulis oleh Ina Mahfiroh ini dibimbing oleh Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I., NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya kesadaran masyarakat Islam akan pentingnya belajar terutama belajar Al-Qur’an. Selain itu, kurangnya pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an yang menjadikan masyarakat enggan mempelajarinya, padahal Al-Qur’an menjadi pedoman utama umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia. Al-Qur’an menjadi sumber dari semua pengetahuan yang ada dunia baik kehidupan terdahulu maupun yang akan datang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara mendalam tentang isi Al-Qur’an karena Al-Qur’an tidak pernah menceritakan kebohongan untuk umat Islam. Rumusan masalah dala skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(2) bagaimana strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(3) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dan setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung, untuk menjelaskan strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung , dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian kualitatif. pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan tekhnik observasi partisipan, wawancara mendalam, serta tekhnik dokumentasi. Untuk analisa data digunakan tekhnik analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan, strategi sorogan yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam membantu anak-anak dalam menghafal dan meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidzul qur’an. Anak-anak lebih mudah dalam mengahafal dan guru pun bisa membantu serta bisa langsung mengoreksi dan memperbaiki bacaan atau tajwid dalam Al-Qur’an yang masih kurang benar. Strategi setoran adalah suatu strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan hafalan anak secara individu. Adapun dalam strategi setoran didukung oleh strategi lainnya anatara lain muroja’ah, talaqi, kompetisi dan program karantina. Faktor Pendukung guru SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an dalam menerapkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an adalah faktor usia santri, faktor kecerdasan siswa, faktor tujuan dan minat menghafal Al-Qur’an, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan sering manghambat siswa dalam menghafal adalah munculnya sifat malas pada diri siswa, kesulitan siswa dalam menghafal, kelupaan siswa terhadap ayat-ayat yang telah dihafal, masih kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi siswa untuk takrir hafalan dirumah dan kebanyakan bermain.
id IOS7171.4044
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:16Z
last_indexed 2020-09-27T16:13:23Z
recordtype dc
_version_ 1679004426300293120
score 17.538404