USAHA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MTs MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Hidayatul Khamidah, NIM. 2811123008 dengan judul “Usaha Kepala Madrasah dalam meningkatkan Minat Masyarakat di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Nur Kholis, M. Pd. NIP. 19710316 199803 1 002. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemajuan suatu lembaga ditentukan dari kepemimpinan kepala madrasahnya. Salah satunya adalah MTs Manba’ul ‘Ulum ini, dimana semakin tahun murid-muridnya semakin bertambah dan prestasinya juga semakin bagus. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari usaha-usaha yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat agar masyarakat mau menyekolahkan anak-anaknya di MTs Manba’ul ‘Ulum. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana usaha kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? (2) Faktor-faktor apa yang melatarbelakangi kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui usaha kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Usaha kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat ada dua yaitu usaha secara internal dan usaha secara eksternal. Usaha secara internal yaitu usaha yang bersumber dari dalam madrasah, meliputi kepemimpinan kepala madrasah, input guru dan input peserta didik serta melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Sedangkan usaha secara eksternal yaitu usaha yang bersumber dari luar madrasah, meliputi partisipasi wali murid dan mempublikasikan kepada masyarakat luas. (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat ada dua yaitu: (a) untuk mewujudkan tujuan madrasah, dengan melalui: budaya madrasah, mengenalkan MTs ke masyarakat luas, adanya koordinasi dengan komite, ta’mir masjid, kerja bakti dan istighotsah. (b) untuk meningkatkan kualitas madrasah, dengan melalui: koordinasi dengan guru-guru dalam setiap kegiatan, mengutamakan aqidah yang benar, mengutamakan akhlak yang baik dan keilmuan.