Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Fipien Wulandari Novitaningrum, NIM. 2817123067, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing : Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci : Model Treffinger, hasil belajar, IPA. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar yang biasanya kita temui peserta didik mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk bisa belajar dengan baik kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang materinya dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu, peserta didik perlu mengerjakannya, yaitu dengan menggambarkan sesuatu dengan caranya sendiri. Dengan begitu, peserta didik akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran Treffinger yang merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi gerak benda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses kegiatan pembelajaran IPA materi Gerak Benda dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger peserta didik kelas III di SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peningkaatan hasil belajar IPA pada materi Gerak Benda setelah penerapan model pembelajaran Treffinger peserta didik kelas III di SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA materi Gerak Benda dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger peserta didik kelas III di SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pada materi Gerak Benda setelah penerapan model pembelajaran Treffinger peserta didik kelas III di SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 anak. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger melalui proses pembelajaran sebagai berikut : 1) Pada awal pembelajaran sekaligus pengenalan model kepada peserta didik, guru menggunakan pertanyaan yang bersifat terbuka sehingga menimbulkan minat, rasa tertarik dan rasa ingin tahu peserta didik. Pertanyaan tersebut akan membuat peserta didik menjadi lebih terbuka dan siap menerima pelajaran. 2) Dalam proses tanya jawab guru tidak diperbolehkan mengkritik ide yang diungkapkan peserta didik, dengan harapan adanya modifikasi dan kombinasi dengan ide-ide lainnya. 3) Guru hendaknya memberikan pertanyaan yang memicu gagasan kreatif peserta didik yang selanjutnya untuk dijadikan kesimpulan pada akhir pembelajaran mengenai materi Gerak Benda. Hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Treffinger mata pelajaran IPA pada materi Gerak Benda peserta didik kelas III SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pre test mencapai 68,26, sedangkan pada siklus I menjadi 73,65, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,88. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang mulanya 42,30% pada saat pre test, menjadi 57,69% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 80,76%.