STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta didik (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung)” ini ditulis oleh Dwi Mulati dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd. I Kata Kunci: Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Mulia Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah/madrasah belum berperan sebagaimana fungsinya, yaitu terbentuknya akhlak mulia peserta didik. Para guru di sekolah/ madrasah belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai guru agama yakni sebagai panutan atau teladan bagi peserta didik dalam bersikap dan berperilaku, sehingga pembiasaan akhlak mulia belum maksimal. Madrasah memiliki keunikan yakni adanya pengembangan materi PAI ke dalam Fikih, Quran Hadits, Akidah Akhlak dan SKI yang melibatkan banyak guru dengan gaya mengajar yang berbeda-beda khususnya dalam rangka membentuk akhlak mulia peserta didik. Dengan demikian mayoritas madrasah bisa dikatakan memiliki lingkungan yang Islami meskipun para peserta didiknya belum semuanya memahami Islam dengan baik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik?; (2) Bagaimana metode peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik?; (3) Bagaimana teknik peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik?; dan (4) Bagaimana evaluasi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan pembahasan dengan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan agama Islam untuk membentuk akhlak mulia peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung adalah: (a) pendekatan spiritual, (b) pendekatan emosional, (c) pendekatan pengalaman, (d) pendekatan keteladanan, (e) pendekatan pembiasaan. (2) Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan agama Islam untuk membentuk akhlak mulia peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung adalah: (a) metode tanya jawab, (b) metode ceramah, (c) metode diskusi, (d) metode bermain peran/ sosiodrama, (e) metode demonstrasi, (f) metode pemecahan masalah. (3) Teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan agama Islam untuk membentuk akhlak mulia peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung adalah: (a) teknik klarifikasi, (b) teknik moral reasoning, (c) teknik internalisasi. (4) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan agama Islam untuk membentuk akhlak mulia peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung adalah: 1) tes (tulis,lisan,perbuatan), 2) observasi atau pengamatan.