PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS X SMK NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Puji Astuti, 284123022
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/2/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/7/BAB%20VI%20%2BDR.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4020/
Daftar Isi:
  • Kemampuan koneksi dan representasi matematis sangat penting dimiliki siswa. Siswa di SMK Negeri Bandung diduga memiliki kemampuan koneksi dan representasi matematik yang kurang. Selain itu, siswa juga masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal tersebut dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah ada pengaruh kemampuan representasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada pengaruh kemampuan koneksi dan representasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung tahun ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis asosiatif. Sampel yang dipilih adalah kelas X TKR-1. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu metode tes, dokumentasi dan observasi. Metode tes digunakan untuk melihat kemampuan koneksi dan representasi serta hasil belajar matematika siswa di SMK Negeri Bandung. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan, hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh nilai F_( hitung)=121,92>F_( tabel)=4,09 dan t_hitung=11,081>t_tabel=2,02108, artinya Ha diterima. Jadi ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan koneksi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung. Adapun besar pengaruh kemampuan koneksi terhadap hasil belajar matematika sebesar 75,766% sedangkan sisanya 24,234% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya diperoleh nilai F_( hitung)=48,07 > F_( tabel)=4,09 dan nilai t_hitung=6,9357 > t_tabel=2,02108, artinya Ha diterima. Jadi, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan representasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung. Adapun besar pengaruh kemampuan representasi terhadap hasil belajar matematika sebesar 55,204% sedangkan sisanya 44,796% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis data yang terakhir didapatkan nilai F_hitung=70,834>F_tabel=3,25 artinya Ha diterima. Jadi ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan koneksi dan representasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bandung. Adapun besar pengaruh kemampuan koneksi dan representasi matematik terhadap hasil belajar matematika sebesar 78,85% sedangkan sisanya 21,15% dipengaruhi oleh faktor lain.