Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitri Fatma Sari, 2814123079, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Kelas X SMK SORE Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Model Group Investigation (GI), Media Visual, Hasil Belajar. Masih ada banyak proses pembelajaran yang menerapkan model konvensional sebagai model pembelajaran utama dalam dunia pendidikan, padahal model pembelajaran konvensional akan menjadikan seorang guru sebagai sumber informasi utama di dalam kelas dan menjadikan siswa menjadi pasif dalam proses belajar. Sehingga hal ini dapat menyebabkan siswa kurang antusias dalam belajar. Padahal dalam dunia pendidikan ada banyak model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat diterapkan agar siswa dapat terlibat dalam proses belajar, sehingga menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif di dalam kelas yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas dan keaktifan siswa adalah model pembelajaran kooperatif group investigasi yang diterapkan dengan media visual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengathui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis media visual terhadap hasil belajar matematika pada materi matriks kelas X SMK SORE Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TPM SMK SORE Tulungagung yang berjumlah 227 siswa, dan sampel yang yang diambil ada dua kelas yaitu kelas X TPM 2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TPM 3 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T. Dari analisis dihasilkan nilai sig(2-tailed) = 0,003< 0,05 dan t_hitung=3,041≥t_(tabe;)=1,995 pada taraf sigifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika pada materi matriks kelas X SMK SORE Tulungagung tahun ajaran 2015/2016”.