PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG
Main Author: | FARIDHOTUL BADI’AH, 2817123063 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/2/BAB%20I%20oke.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/3/BAB%20II%20oke.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/4/BAB%20III%20oke.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/5/BAB%20IV%20oke.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/6/BAB%20V%20oke.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/7/daftar%20pustaka.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3843/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung” ini ditulis oleh Faridhotul Badi’ah dan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung belum mengajak peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan sehingga menyebabkan motivasi belajar peserta didik kurang dan berdampak pada hasil belajar peserta didik masih rendah. Sehingga peneliti menggunakan metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan perubahan lingkungan fisik terhadap daratan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri peserta didik kelas IV di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri peserta didik kelas IV di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri peserta didik kelas IV di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri peserta didik kelas IV di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung yang berjumlah 35 peserta didik dengan jumlah 19 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75%.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil rata-rata penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas 64 dengan prosentase keberhasilan 28%. Dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84 dengan prosentase keberhasilan 80%. Sedangkan motivasi belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 1,71 dan mengalami peningkatan skor rata-rata pada siklus II sebesar 1,82. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung.