Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MadrasahAliyah AL Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Endang Puji Rahayu, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 2811123079, Pembimbing Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M. Pd. Kata kunci : Kompetensi Guru Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan yang dimiliki guru Agama Islam yang tidak hanya sebatas pada aspek kognisi saja dalam menjalankan tugas guru sebagai pendidik, akan tetapi juga untuk mengarahkan perubahandan perbaikan dalam akhlak siswa. Dengan demikian pembentukan akhlak merupakan suatu misi utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap siswa. Dalam hal ini, peneliti mengaitkan kompetensi yang dimiliki oleh guru agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Pon Pes Panggung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung? (2) Bagaimana Kompetensi Profesional guru agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung? (3) Bagaimana Kompetensi Kepribadian guru agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung? (4) Bagaimana Kompetensi Sosial guru agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial guru agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan guru. Bagi guru Madrasah Aliyah AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan pembinaan akhlak para siswa. Bagi siswa Madrasah Aliyah AL Ma’arif Ponpes Panggung sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlak. Bagi para pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat mengambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : Guru agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa MA AL Ma’arif melalui kompetensi paedagogik dengan cara merencanakan kegiatan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsungterlaksana dengan adanya pembuatan RPP, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran siswa. Pada kompetensi profesional ditujukan pada penguasaan materi oleh guru yang disampaikan kepada muridnya dengan tujuan adanya pembentukan serta perbaikan dalam akhlak. Kepribadian guru agama tergambarkan pada pemberian contoh (suri teladan) kepada siswanya melalui keteladanan dalam melakukan sholat berjama’ah dan memakai pakaian yang rapi dan sopan, displin ketika mengajar di kelas, mentaati peraturan yang ada dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Bentuk sosialitas guru dapat terihat jelas dengan adanya komunikasi yang baik antar guru dengan siswa, sesama pendidik, wali murid dan juga masyarakat.