STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2015-2016
Main Author: | suraya kumil laila, 2811123027 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/1/1%20COVER%20-%20FIX%20pdf.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/2/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/3/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/4/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/5/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/6/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3645/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Suraya Kumil Laila, 281113027, 2016. Skripsi dengan judul Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015-2016. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Drs. Asrop Syafi’I, M. Ag. Konteks penelitian ini yaitu dilatar belakangi oleh akhlak anak-anak jaman sekarang, ditengah majunya pendidikan yang sudah terpenuhi fasilitasnya, akhlak anak tidak semakin membaik tapi semakin merosot, era iptek dan informasi yang semakin canggih membuat kebudayaan dan gaya hidup bebas meracuni diri anak-anak. Oleh sebab itu, penerapan nilai-nilai akhlakul karimah, di sekolah dan keluarga utamanya sangat diperlukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu merespon fenomena yang terjadi diatas, strategi guru khususnya guru akidah akhlak sangat penting sekali untuk mendongkrak anak agar kembali kepada jalannya dan agar senantiasa tercipta dalam diri anak itu pribadi yang berakhlak karimah. Fokus penelitian : 1) Bagaimanakah Strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung ? 2) Mengapa guru mata pelajaran akidah akhlak perlu menggunakan strategi dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan Strategi mata pelajaran guru akidah akhlak dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung. 2) Mendiskripsikan mengapa guru mata pelajaran akidah akhlak perlu menggunakan strategi dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif menggunakan analisis dengan penalaran induktif. Mengambil latar belakang MAN 1 Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung. Diantaranya adalah : menjalin komunikasi, buku penghubung, keteladanan,tradisi senyum, sapa dan salam. 2) Guru mata pelajaran akidah akhlak menggunakan srategi dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung. Diantaranya adalah : membaca Al Qur’an, do`a sebelum dan sesudah memulai pelajaran, pemberian nasehat, melantunkan Asma’ul Husna, tutor sebaya, metode diskusi, dan metode presentasi.