Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Anak Berawal dari realita yang ada banyak dari orang tua yang tidak sadar akan tanggungjawab pada dunia pendidikan anak-anaknya. Mereka lebih banyak larut dalam aktifitas dan rutinitas yang dimiliki. Seolah menganggap bahwa pihak sekolah menjadi satu-satunya faktor yang menentukan prestasi anak-anaknya, tanpa menganggap bahwa mereka juga punya tanggungjawab di dalam pendidikan anaknya. Padahal orang tua mempunyai peran lebih besar dibanding pemberi papan, sandang dan pangan. Sehingga terjadi perbedaan antara siswa yang orang tuanya mempunyai pendidikan yang baik dibanding yang biasa saja. Rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah korelasi antara pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? 2. Adakah korelasi antara pendidikan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? 3. Adakah korelasi antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui korelasi antara pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 2. Untuk mengetahui korelasi antara pendidikan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 3. Untuk mengetahui korelasi antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 Jenis penelitian: Penelitian pendidikan, dan penelitian korelasional. Populasi: siswa kelas X (A, C, F) dan XI (IPA 1, IPA 2, IPA 3) SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek yang berjumlah 181 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 30 siswa. Variabel bebas: Pendidikan orang tua (dengan sub variabel: Pendidikan formal orang tua, dan Pendidikan nonformal orang tua), Variabel terikat: Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: observasi, angket, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan xvi metode deduktif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus chi-kuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil penelitian: 1. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam. 2. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendidikan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam. 3. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendidikan formal orang tua dan nonformal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kampak