Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung

Main Author: Nurul, Amin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/354/1/BAB%201-V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/354/2/BAGIAN%20AWAL%20OK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/354/3/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/354/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Penerapan Metode Sorogan, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilandasi oleh banyaknya metode-metode yang baru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, sehingga dengan munculnya metode-metode yang baru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, metode- metode tradisional seperti metode sorogan, balaghoh dan lain sebagainya mulai hilang. Sedangkan pada kenyataannya metode tradisional seperti metode sorogan sangatlah bagus jika diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Selain itu metode sorogan sangatlag bagus diterapkan bagi para pemula yang ingin belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yakni baik secara makhroj dan ajwidnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Mengapa metode sorogan masih digunakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung, (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung, (3) Apa Faktor Penghambat Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Pemimpin Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung, sebagai sumbangan acuan untuk mengambil kebijakan yang telah ada dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri, bagi Ustadz penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik bagi santri sehingga kualitas dalam membaca Al-Qur’an akan semakin efektif, bagi para pembaca/peneliti lain sebagai masukan atau referensi yang lebih mendalam untuk meneruskan penelitian terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, penelitian ini juga melakukan pengecekan xvi keabsahan data dengan Perpanjangan Keikut-Sertaan, Ketekunan Pengamat, Triangulasi, pengecekan sejawat, dan kecukupan refensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alasan metode sorogan masih digunakan sudah cukup baik, Karena metode tradisional mulai tergeser, sehingga pengasuh pondok ingin tetap mempertahankan metode tradisional seperti sorogan tersebut (2) Persiapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, bila dilihat sudah cukup baik, yakni dengan nderes terlebih dahulu sebelum sorogan Al-Qur’an, selain itu nderes Al-Qur’an juga dilakukan oleh beberapa santri setelah sholat.Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, bila dilihat pelaksanannya sudah cukup baik, dalam pelaksanannya santri langsung mendatangi kiai , supaya kiai langsung mendengarkan sekaligus memberikan koreksi terhadap bacaan santri. (3) Faktor Penghambat Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, secara garis besar yang menjadi faktor penghambat Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an antara lain malas, masuk kuliah pada jam pertama, dan lingkungan yang ramai.