KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

Main Author: YESI PUSPITA SARI, 2811123232
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/1/1%20Logo%20IAIN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/2/2%20Sampul%20Luar.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/3/3%20Sampul%20Dalam.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/4/4%20Lembar%20Persetujuan%20Pembimbing.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/5/6%20Pernyataan%20Keaslian%20Tulisan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/6/7%20Motto.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/7/8%20Persembahan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/8/9%20Prakata.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/9/10%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/10/11%20Daftar%20Bagan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/11/12%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/12/13%20Abstrak%20Bahasa%20Indonesia.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/13/14%20Abstrak%20Bahasa%20Inggris.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/14/15%20Daftar%20Isi.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/15/16%20BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/16/17%20BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/17/18%20Kerangka%20Berpikir.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/18/19%20BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/19/20%20BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/20/21%20BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/21/22%20BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/22/23%20Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3511/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Yesi Puspita Sari, NIM. 2811123232, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan akhlak terpuji yang ada dalam diri generasi muda akhir-akhir ini, yang diindikasikan dengan merabaknya kasus penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, tawuran, membolos pelajaran, dan lain-lain. Dan juga kurangnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Untuk itulah SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung mengadakan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran yaitu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang sangat efektif untuk dalam mengembangkan karakter dan menanamkan akhlak terpuji kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana hasil kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk, pelaksanaan, dan hasil kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung sebagai masukan dalam merumuskan kebijakan peningkatan mutu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dapat mempengaruhi secara positif dengan pengembangan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Bagi Guru Pendidikan Agama Islam dapat digunakan sebagai tambahan wawasan pengetahuan tentang kegiatan keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, khususnya Agama Islam yang memberikan andil cukup besar dalam pengembangan karakter yang islami. Bagi peserta didik SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk meningkatkan karakter agar lebih baik. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan karakter peserta didik dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang bentuk-bentuk dan hasil kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang identitas sekolah, jadwal kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, sarana prasarana, dan struktur organisasi SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yaitu a) Rohani Islam (Rohis), b) Pembisaaan, yang terdiri dari Shalat Dzuhur Berjama’ah, Shalat ‘Asar Berjama’ah, Shalat Jum’at Berjama’ah, 3S (Senyum, Salam, Sapa), Jum’at Bersih, Shalat Dhuha, Berdo’a di awal dan akhir pelajaran, Menutup Aurat dengan memakai kopyah bagi peserta didik laki-laki dan kerudung (jilbab) bagi peserta didik perempuan selama pelajaran Pendidikan Agama Islam, c) Rebana/Hadrah. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yaitu: a. Rohani Islam (Rohis) dilaksanakan setiap hari Jum’at dengan melakukan kajian Islami atau pengajian. b. Pembisaaan terdiri dari: 1). Shalat Dzuhur Berjama’ah dilaksanakan setiap hari pada waktu dzuhur secara bergilir per kelas dengan melakukan shalat dzuhur secara berjama’ah., 2) Shalat ‘Asar Berjama’ah dilaksanakan setiap hari pada waktu ‘asar secara bergilir per kelas dengan melakukan shalat ‘asar secara berjama’ah, 3) Shalat Jum’at Berjama’ah dilaksanakan pada waktu shalat Jum’at secara bergilir per jenjang dengan melakukan shalat jum’at secara berjama’ah, 4) 3S (Senyum, Salam, Sapa) dilaksanakan setiap hari pada saat peserta didik memasuki sekolah bersalam-salaman dengan bapak ibu guru di depan gerbang., 5) Jum’at Bersih dilaksanakan setiap hari Jum’at dengan membersihkan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah, 6) Shalat Dhuha, dilaksanakan setiap hari pada jam istirahat dengan melakukan shalat sunnah di waktu dhuha, 7) Berdo’a di awal dan akhir pelajaran. Dilaksanakan setiap hari pada saat mengawali dan mengakhiri pelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, 8) Memakai kopyah bagi peserta didik laki-laki dan kerudung bagi peserta didik perempuan selama pelajaran Pendidikan Agama Islam. c. Rebana/Hadrah, dilaksanakan setiap hari Minggu dengan berdzikir atau bersholawat yang dinyanyikan dengan diiringi rebana secara kompak. (3) Hasil kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yaitu: a. Religius, disiplin, ta’at, mandiri, tanggung jawab, dan rajin dilakukan dalam kegiatan Rohani Islam (Rohis), Pembisaaan yang terdiri dari Shalat Dzuhur, ‘Asar, Jum’at Berjama’ah, 3S (Senyum, Salam, Sapa), Jum’at Bersih, Shalat Dhuha, Berdo’a di awal dan akhir pelajaran, Menutup Aurat dengan memakai kopyah bagi peserta didik laki-laki dan kerudung (jilbab) bagi peserta didik perempuan selama pelajaran Pendidikan Agama Islam, Rebana/Hadrah. b. Kreatif dilakukan dalam kegiatan Shalat Dhuha dan Rebana/Hadrah. c. Toleransi, sosial, komunikatif, dan saling menghargai dalam kegiatan Rohani Islam (Rohis), Pembisaaan yang terdiri dari Shalat Dzuhur, ‘Asar, Jum’at Berjama’ah, 3S (Senyum, Salam, Sapa), Jum’at Bersih, Shalat Dhuha, dan Rebana/Hadrah. d. Peduli lingkungan dilakukan dalam kegiatan Jum’at Bersih. e. Rasa ingin tahu dilakukan dalam kegiatan Rohani Islam (Rohis). f. Kerja keras, menghargai prestasi, sportif, dan bersahabat dilakukan dalam kegiatan Rebana/Hadrah.