PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR
ctrlnum |
3453 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/</relation><title>PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V
MI DARUSSALAM PIKATAN II 
WONODADI BLITAR</title><creator>M. HAFIDH SYA’ROWI, 3217103050</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh M. Hafidh Sya’rowi dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA.

Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru dan peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II relatif kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Diharapkan dengan penerapan metode inquiry tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil tes kemampuan berfikir kritis menunjukkan prosentase ketuntasan 21% pada tahap pra tindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat yaitu pada tes awal nilai rata- rata peserta didik 60,83 dengan prosentase ketuntasan 37,50%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,91 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,58 dengan prosentase ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II.</description><date>2016-08-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/1/1.%20SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/2/BAB%20I%20%20%201-13.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/3/BAB%20II%20%2014-62.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/4/BAB%20III%2063-84.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/5/BAB%20IV%2085-131.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/6/BAB%20V%20132-134.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> M. HAFIDH SYA’ROWI, 3217103050 (2016) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ] </identifier><recordID>3453</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
M. HAFIDH SYA’ROWI, 3217103050 |
title |
PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V
MI DARUSSALAM PIKATAN II
WONODADI BLITAR |
publishDate |
2016 |
isbn |
9783217103054 |
topic |
Pendidikan Dasar |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/1/1.%20SAMPUL.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/2/BAB%20I%20%20%201-13.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/3/BAB%20II%20%2014-62.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/4/BAB%20III%2063-84.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/5/BAB%20IV%2085-131.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/6/BAB%20V%20132-134.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh M. Hafidh Sya’rowi dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA.
Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru dan peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II relatif kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Diharapkan dengan penerapan metode inquiry tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil tes kemampuan berfikir kritis menunjukkan prosentase ketuntasan 21% pada tahap pra tindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat yaitu pada tes awal nilai rata- rata peserta didik 60,83 dengan prosentase ketuntasan 37,50%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,91 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,58 dengan prosentase ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. |
id |
IOS7171.3453 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:10Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:24:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713365413363712 |
score |
17.538404 |