ctrlnum 3453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/</relation><title>PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN &#xD; HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V&#xD; MI DARUSSALAM PIKATAN II &#xD; WONODADI BLITAR</title><creator>M. HAFIDH SYA&#x2019;ROWI, 3217103050</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar&#x201D; ini ditulis oleh M. Hafidh Sya&#x2019;rowi dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru dan peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II relatif kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Diharapkan dengan penerapan metode inquiry tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.&#xD; Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil tes kemampuan berfikir kritis menunjukkan prosentase ketuntasan 21% pada tahap pra tindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat yaitu pada tes awal nilai rata- rata peserta didik 60,83 dengan prosentase ketuntasan 37,50%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,91 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,58 dengan prosentase ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II.</description><date>2016-08-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/1/1.%20SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/2/BAB%20I%20%20%201-13.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/3/BAB%20II%20%2014-62.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/4/BAB%20III%2063-84.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/5/BAB%20IV%2085-131.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/6/BAB%20V%20132-134.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> M. HAFIDH SYA&#x2019;ROWI, 3217103050 (2016) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ] </identifier><recordID>3453</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author M. HAFIDH SYA’ROWI, 3217103050
title PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR
publishDate 2016
isbn 9783217103054
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/1/1.%20SAMPUL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/2/BAB%20I%20%20%201-13.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/3/BAB%20II%20%2014-62.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/4/BAB%20III%2063-84.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/5/BAB%20IV%2085-131.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/6/BAB%20V%20132-134.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3453/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh M. Hafidh Sya’rowi dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru dan peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II relatif kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Diharapkan dengan penerapan metode inquiry tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil tes kemampuan berfikir kritis menunjukkan prosentase ketuntasan 21% pada tahap pra tindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat yaitu pada tes awal nilai rata- rata peserta didik 60,83 dengan prosentase ketuntasan 37,50%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,91 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,58 dengan prosentase ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II.
id IOS7171.3453
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:10Z
last_indexed 2020-08-11T07:24:10Z
recordtype dc
_version_ 1674713365413363712
score 17.538404