PEMBIASAAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) REJOTANGAN TULUNGAGUG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurul Bidaatul Khusna, NIM. 2811123181, Tahun 2016, Pembiasaan Siswa Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. pembimbing: Dr. H. Syamsun Ni’am. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan siswa membaca Al-Qur’an di MAN Rejotangan? (2) Mengapa dilaksanakan pembiasaan siswa membaca Al-Qur’an di MAN Rejotangan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an siswa dan mengapa kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an di adakan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: (1) Jenis atau pola penelitian kualitatif, (2) Sumber Data : narasumber, dan data sekolah, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam kepada Waka, guru dan siswa, observasi partisipan, dan dokumentasi, (4) Teknik Analisis Data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk pelaksanaan pembasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi Selama 15 menit. Dan untuk mendukung pembiasaan agar mencapai hasil lebih efektif maka digunakan beberapa metode pendukung, yaitu: metode penugasan, metode teman sejawat, metode Iqro’ dan metode membaca Al-Qur’an secara klasikal. (2) Untuk pertimbangan sekolah melaksanakan pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah dampak positif dari pembiasaan membaca Al-Qur’an yang sangat positif dan sebagai upaya untuk mencapai Visi dan Misi sekolah.