Keluar dari Kemelut Krisis Pendidikan Islam (Ke arah reformulasi paradigma filosofis) dalam jurnal terakreditasi Sosio Religia
Main Author: | Dr. Akhyak, M.Ag, - |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lingkar Studi Ilmu Agama dan Ilmu Sosial
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/1/01%20Cover%20Luar.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/2/02%20Cover%20Dalam.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/3/03%20Editorial.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/4/04%20Daftar%20Isi.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/5/15%20Akhyak.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/6/21%20Indeks%20Jurnal.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/7/22%20Submission.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3277/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Islam dalam era perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini semakin dipertanyakan relevansinya, terutama jika dikaitkan kontribusinya bagi pembentukan budaya modern yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu dan teknologi. Pendidikan Islam belum mampu memfungsikan diri sebagai pendidikan alternatif, dan kurang memiliki kemampuan berhadapan dengan dinamika kehidupan manusia yang cepat, karena pendidikan Islam masih bergumul dengan problem yang mengitarinya. Dalam ranah implementasi, realita pendidikan Islam terjangkit krisis spiritual, krisis intelektual dan krisis moral. Ketiga krisis tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari para stake-holders pendidikan Islam. Oleh karena itu, perlu dikembangkan konsep alternatif dalam upaya melerei krisis dalam pendidikan Islam dengan pendekatan spiritual-dinamis-proporsional, pendekatan pendidikan intelektual-kritis paradigmatic-relegious, dan pendekatan pendidikan moral-modernis-transendental. Gagasan tersebut perlu diimplementasikan dalam pendidikan Islam agar secara fungsional pendidikan Islam memiliki peran sentral dalam melakukan pendidikan manusia di dunia ini secara optimal