Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | A’yunina, Tahta Qurotu |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/1/BAGIAN%20AWAL.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/2/BAGIAN%20INTI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/3/BAGIAN%20AKHIR.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id/ |
ctrlnum |
319 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/</relation><title>Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group
Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan
Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran
2013/2014</title><creator>A’yunina, Tahta Qurotu</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar.
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika
yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah siswa lemah
dalam penguasaan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru,
khususnya PKn. Karena siswa menganggap mata pelajaran PKn membingungkan
dan sukar diingat. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran di kelas masih
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Akhirnya pada proses
pembelajaran di kelas siswa sering ramai sendiri saat mendengarkan penjelasan
guru, sebagai hasil belajar relative rendah. Menyikapi permasalahan tersebut,
perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model
cooperative learning tipe group investigation sebagai salah satu model belajar
yang menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan karena siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran baik secara kelompok maupun individu. Sehingga,
diharapkan penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam
pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
penerapan cooperative learning tipe group pada mata pelajaran PKn materi sistem
pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar
tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan
penerapan cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn
materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan
Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan cooperative
learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi sistem
pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar
tahun ajaran 2013/2014? (2) Meningkatan hasil belajar dengan penerapan
cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi
sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi
Blitar tahun ajaran 2013/2014?
Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Kolomayan, sebagai salah satu
model referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah tersebut, bagi para Guru MIN Kolomayan sebagai masukan pertimbangan
model yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, bagi siswa MIN
Kolomayan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar, bagi perpustakaan
IAIN Tulungagung, pembaca/peneliti lain sebagai referensi bagi pembaca dan
sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa lanjutan.
xvii
Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class
Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan,
dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari
penelitian ini adalah siswa kelas IVA MIN Kolomayan. Analisa data yang
digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa
mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil penelitian ditunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata
72,38 (47,61%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,33 (76,19%).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada kelas IVA MIN
Kolomayan Wonodadi Blitar.</description><date>2014-12-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/1/BAGIAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/2/BAGIAN%20INTI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/3/BAGIAN%20AKHIR.pdf</identifier><identifier> A’yunina, Tahta Qurotu (2014) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>319</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
A’yunina, Tahta Qurotu |
title |
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group
Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan
Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran
2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
Pendidikan Dasar |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/1/BAGIAN%20AWAL.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/2/BAGIAN%20INTI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/3/BAGIAN%20AKHIR.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/319/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id/ |
contents |
Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar.
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika
yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah siswa lemah
dalam penguasaan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru,
khususnya PKn. Karena siswa menganggap mata pelajaran PKn membingungkan
dan sukar diingat. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran di kelas masih
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Akhirnya pada proses
pembelajaran di kelas siswa sering ramai sendiri saat mendengarkan penjelasan
guru, sebagai hasil belajar relative rendah. Menyikapi permasalahan tersebut,
perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model
cooperative learning tipe group investigation sebagai salah satu model belajar
yang menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan karena siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran baik secara kelompok maupun individu. Sehingga,
diharapkan penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam
pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
penerapan cooperative learning tipe group pada mata pelajaran PKn materi sistem
pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar
tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan
penerapan cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn
materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan
Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan cooperative
learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi sistem
pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar
tahun ajaran 2013/2014? (2) Meningkatan hasil belajar dengan penerapan
cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi
sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi
Blitar tahun ajaran 2013/2014?
Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Kolomayan, sebagai salah satu
model referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah tersebut, bagi para Guru MIN Kolomayan sebagai masukan pertimbangan
model yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, bagi siswa MIN
Kolomayan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar, bagi perpustakaan
IAIN Tulungagung, pembaca/peneliti lain sebagai referensi bagi pembaca dan
sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa lanjutan.
xvii
Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class
Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan,
dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari
penelitian ini adalah siswa kelas IVA MIN Kolomayan. Analisa data yang
digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa
mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil penelitian ditunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata
72,38 (47,61%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,33 (76,19%).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada kelas IVA MIN
Kolomayan Wonodadi Blitar. |
id |
IOS7171.319 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:32Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713348252368896 |
score |
17.538404 |