PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

Main Author: nisma shelawati, 3211113233
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/
ctrlnum 3125
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/</relation><title>PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG</title><creator>nisma shelawati, 3211113233</creator><subject>Agama</subject><description>Skripsi dengan judul &#x201D;Peranan Tahfidz Al-Qur&#x2019;an di Madrasah Aliyah&#xD; Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung&#x201D; ini ditulis oleh Nisma&#xD; Shela Wati, NIM. 3211113141, pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag.&#xD; Kata Kunci: tahfidz al-Qur&#x2019;an.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana&#xD; peranan tahfidz al-Qur&#x2019;an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo&#xD; Campurdarat Tulungagung? (2) Mengapa tahfidz al-Qur&#x2019;an dapat&#xD; mempengaruhi kecerdasan berfikir siswa di Madrasah Aliyah Ummul&#xD; Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung?&#xD; Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan&#xD; dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau&#xD; informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi&#xD; digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa,&#xD; tempat, benda, serta rekaan dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan&#xD; untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan,&#xD; transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan&#xD; sebagainya.&#xD; Hasil penelitiannya adalah (1) Tahfidz al-Qur&#x2019;an merupakan salah&#xD; satu ciri khas dari Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat&#xD; Tulungagung, setiap pagi sebelum memulai pelajaran para siswa&#xD; menghafalkan al-Qur&#x2019;an terlebih dahulu, di madrasah ini mewajibkan para&#xD; siswanya mampu menghafalkan 2 juz al-Qur&#x2019;an dalam setahun, metode&#xD; tahfidz yang diterapkan di madrasah ini adalah metode muroja&#x2019;ah dan&#xD; metode al-Qosimi, dan tiap siswa memiliki buku laporan setoran hafalan&#xD; yang digunakan saat siswa menyetorkan hafalan. Dan adapun faktor&#xD; pendukung tahfidz al-Qur&#x2019;an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo&#xD; Campurdarat adalah: selalu bertawakkal kepada Alloh SWT, menguatkan&#xD; niat untuk menghafal al-Qur&#x2019;an, menjaga diri dari maksiat, mencintai alQur&#x2019;an, menciptakan suasana gemar hafal al-Qur&#x2019;an, mendengarkan CD&#xD; murotal, memelihara kesehatan dengan baik. Sedangkan faktor-faktor&#xD; penghambatnya adalah: banyak dosa dan maksiat, IQ rendah, dan kurangnya&#xD; motivasi dalam menghafal al-Qur&#x2019;an. (2) Jenis-jenis kecerdasan adalah:&#xD; kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ),&#xD; kecerdasan berfikir analitis, kecerdasan berfikir komparatif, kecerdasan berfikir&#xD; kritis, dan kecerdasan berfikir holistis. Dan kaitan tahfidz al-Qur&#x2019;an dengan&#xD; kecerdasan berfikir siswa adalah: tahfidz al-Qur&#x2019;an akan melatih sensitifitas indera&#xD; pendengaran siswa, tahfidz al-Qur&#x2019;an melatih siswa untuk berkonsentrasi tinggi,&#xD; tahfidz al-Qur&#x2019;an membantu para siswa mudah memahami al-Qur&#x2019;an (sebagai&#xD; petunjuk hidup) dan mudah menjadi taqwa.</description><date>2015-12-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf</identifier><identifier> nisma shelawati, 3211113233 (2015) PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>3125</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author nisma shelawati, 3211113233
title PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
publishDate 2015
isbn 9783211113233
topic Agama
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/
contents Skripsi dengan judul ”Peranan Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Nisma Shela Wati, NIM. 3211113141, pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: tahfidz al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peranan tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung? (2) Mengapa tahfidz al-Qur’an dapat mempengaruhi kecerdasan berfikir siswa di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung? Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda, serta rekaan dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Hasil penelitiannya adalah (1) Tahfidz al-Qur’an merupakan salah satu ciri khas dari Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung, setiap pagi sebelum memulai pelajaran para siswa menghafalkan al-Qur’an terlebih dahulu, di madrasah ini mewajibkan para siswanya mampu menghafalkan 2 juz al-Qur’an dalam setahun, metode tahfidz yang diterapkan di madrasah ini adalah metode muroja’ah dan metode al-Qosimi, dan tiap siswa memiliki buku laporan setoran hafalan yang digunakan saat siswa menyetorkan hafalan. Dan adapun faktor pendukung tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat adalah: selalu bertawakkal kepada Alloh SWT, menguatkan niat untuk menghafal al-Qur’an, menjaga diri dari maksiat, mencintai alQur’an, menciptakan suasana gemar hafal al-Qur’an, mendengarkan CD murotal, memelihara kesehatan dengan baik. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah: banyak dosa dan maksiat, IQ rendah, dan kurangnya motivasi dalam menghafal al-Qur’an. (2) Jenis-jenis kecerdasan adalah: kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), kecerdasan berfikir analitis, kecerdasan berfikir komparatif, kecerdasan berfikir kritis, dan kecerdasan berfikir holistis. Dan kaitan tahfidz al-Qur’an dengan kecerdasan berfikir siswa adalah: tahfidz al-Qur’an akan melatih sensitifitas indera pendengaran siswa, tahfidz al-Qur’an melatih siswa untuk berkonsentrasi tinggi, tahfidz al-Qur’an membantu para siswa mudah memahami al-Qur’an (sebagai petunjuk hidup) dan mudah menjadi taqwa.
id IOS7171.3125
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:04Z
last_indexed 2020-08-11T07:24:06Z
recordtype dc
_version_ 1674713363535364096
score 17.538404