PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
Main Author: | nisma shelawati, 3211113233 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/ |
ctrlnum |
3125 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/</relation><title>PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG</title><creator>nisma shelawati, 3211113233</creator><subject>Agama</subject><description>Skripsi dengan judul ”Peranan Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah
Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Nisma
Shela Wati, NIM. 3211113141, pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag.
Kata Kunci: tahfidz al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
peranan tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo
Campurdarat Tulungagung? (2) Mengapa tahfidz al-Qur’an dapat
mempengaruhi kecerdasan berfikir siswa di Madrasah Aliyah Ummul
Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung?
Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau
informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi
digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa,
tempat, benda, serta rekaan dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan
untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan,
transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan
sebagainya.
Hasil penelitiannya adalah (1) Tahfidz al-Qur’an merupakan salah
satu ciri khas dari Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat
Tulungagung, setiap pagi sebelum memulai pelajaran para siswa
menghafalkan al-Qur’an terlebih dahulu, di madrasah ini mewajibkan para
siswanya mampu menghafalkan 2 juz al-Qur’an dalam setahun, metode
tahfidz yang diterapkan di madrasah ini adalah metode muroja’ah dan
metode al-Qosimi, dan tiap siswa memiliki buku laporan setoran hafalan
yang digunakan saat siswa menyetorkan hafalan. Dan adapun faktor
pendukung tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo
Campurdarat adalah: selalu bertawakkal kepada Alloh SWT, menguatkan
niat untuk menghafal al-Qur’an, menjaga diri dari maksiat, mencintai alQur’an, menciptakan suasana gemar hafal al-Qur’an, mendengarkan CD
murotal, memelihara kesehatan dengan baik. Sedangkan faktor-faktor
penghambatnya adalah: banyak dosa dan maksiat, IQ rendah, dan kurangnya
motivasi dalam menghafal al-Qur’an. (2) Jenis-jenis kecerdasan adalah:
kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ),
kecerdasan berfikir analitis, kecerdasan berfikir komparatif, kecerdasan berfikir
kritis, dan kecerdasan berfikir holistis. Dan kaitan tahfidz al-Qur’an dengan
kecerdasan berfikir siswa adalah: tahfidz al-Qur’an akan melatih sensitifitas indera
pendengaran siswa, tahfidz al-Qur’an melatih siswa untuk berkonsentrasi tinggi,
tahfidz al-Qur’an membantu para siswa mudah memahami al-Qur’an (sebagai
petunjuk hidup) dan mudah menjadi taqwa.</description><date>2015-12-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf</identifier><identifier> nisma shelawati, 3211113233 (2015) PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>3125</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
nisma shelawati, 3211113233 |
title |
PERAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH UMMUL AKHYAR SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG |
publishDate |
2015 |
isbn |
9783211113233 |
topic |
Agama |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/1/SKRIPSI%20NISMA.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3125/ |
contents |
Skripsi dengan judul ”Peranan Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah
Ummul Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Nisma
Shela Wati, NIM. 3211113141, pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag.
Kata Kunci: tahfidz al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
peranan tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo
Campurdarat Tulungagung? (2) Mengapa tahfidz al-Qur’an dapat
mempengaruhi kecerdasan berfikir siswa di Madrasah Aliyah Ummul
Akhyar Sawo Campurdarat Tulungagung?
Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau
informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi
digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa,
tempat, benda, serta rekaan dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan
untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan,
transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan
sebagainya.
Hasil penelitiannya adalah (1) Tahfidz al-Qur’an merupakan salah
satu ciri khas dari Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo Campurdarat
Tulungagung, setiap pagi sebelum memulai pelajaran para siswa
menghafalkan al-Qur’an terlebih dahulu, di madrasah ini mewajibkan para
siswanya mampu menghafalkan 2 juz al-Qur’an dalam setahun, metode
tahfidz yang diterapkan di madrasah ini adalah metode muroja’ah dan
metode al-Qosimi, dan tiap siswa memiliki buku laporan setoran hafalan
yang digunakan saat siswa menyetorkan hafalan. Dan adapun faktor
pendukung tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ummul Akhyar Sawo
Campurdarat adalah: selalu bertawakkal kepada Alloh SWT, menguatkan
niat untuk menghafal al-Qur’an, menjaga diri dari maksiat, mencintai alQur’an, menciptakan suasana gemar hafal al-Qur’an, mendengarkan CD
murotal, memelihara kesehatan dengan baik. Sedangkan faktor-faktor
penghambatnya adalah: banyak dosa dan maksiat, IQ rendah, dan kurangnya
motivasi dalam menghafal al-Qur’an. (2) Jenis-jenis kecerdasan adalah:
kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ),
kecerdasan berfikir analitis, kecerdasan berfikir komparatif, kecerdasan berfikir
kritis, dan kecerdasan berfikir holistis. Dan kaitan tahfidz al-Qur’an dengan
kecerdasan berfikir siswa adalah: tahfidz al-Qur’an akan melatih sensitifitas indera
pendengaran siswa, tahfidz al-Qur’an melatih siswa untuk berkonsentrasi tinggi,
tahfidz al-Qur’an membantu para siswa mudah memahami al-Qur’an (sebagai
petunjuk hidup) dan mudah menjadi taqwa. |
id |
IOS7171.3125 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:04Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:24:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713363535364096 |
score |
17.538404 |