Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis olef Ficky Dewi Ixfina, NIM: 3217113040, dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : Model Kooperatif, Tipe Team Games Tournament (TGT), Meningkatkan Presatasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa guru masih menggunakan pembelajaran dengan paradigma lama, Untuk menanggulangi hal itu pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tersebut. salah satunya adalah penerapan pembelajar kooperatif tipe team games tournament (TGT). dengan menerapkan model pembelajarn ini diharapkan mutu dan kwalitas pembelajarn menjadi meningkat, sebab pada pembelajaran ini keefektifan peseta didik lebih diutamakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamen dapat meningkatkan kerjasama pada mata pelajaran matematika materi pechan semester II pada siswa kelas V MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? (2) bagaiman peningkatan prestasi belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahn pecahan semester II pada siswa kelas V MI nurul Islam mirigambar sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan kerja sama dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika materi pechan semester II pada siswa kelas V MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahn pecahan semester II pada siswa kelas V MI nurul Islam mirigambar sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul islam mirigambar sumbergempol tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara) (3) tes, (4) dokumentasi, (5) angket (6) catatan lapangan. Model analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi dat (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengumpulan data urutan kegiatan penelitian mencangkup (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian yaitu: 1) Pembelajaran koooperatif dapat meningkatkan kerja sama siswa menjadi lebih baik. Indikator kerja sama dapat dilihat dari kerja sama siswa dalam menyampaikan materi dalam diskusi dan kerja sama siswa dalam mengerjakan soal turnamen. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi siswa hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I dan siklus II yang masing masing mulai 27% (pra tindakan), 55% (siklus I) dan 84% (siklus II) dengan nilai rata rata 47 pada pra tidakan , 63 pada siklus I dan 81,5 pada siklus II.