ctrlnum 3010
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/</relation><title>KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU&#xD; (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung</title><creator>Nurul Hidayati, 2841134018</creator><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>Nurul Hidayati 2015. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan 2) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I&#xD; &#xD; Kata Kunci: kepemimpinan, kepala madrasah, profesionalisme guru&#xD; &#xD; Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh peningkatan profesionalisme guru dianggap pilihan paling tepat untuk mempersiapkan para guru dalam upaya menjawab tantangan zaman. Karena dengan profesionalisme dapat membuat para personil madrasah menjadi berkekuatan dalam profesi yang diembannya. Sebagai seorang kepala madrasah banyak langkah strategis yang dapat dilakukan guna meningkatkan profesionalisme guru sebagai bawahannya. Di dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, bagi guru di madrasah akan sangat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari pimpinan mereka, sebab hal ini merupakan modal yang sangat penting sehingga hampir setiap tindakan dan kebijakan yang diambil/dilakukan oleh seorang pemimpin mempunyai dampak yang positif dan negatif bagi bawahan yang dipimpinnya. &#xD; Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti fokus penelitian ini adalah: pendekatan, motivasi dan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rumusan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan.&#xD; Hasil penelitiannya adalah 1) Pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah 1) pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam profesionalisme guru termasuk ke dalam pendekatan personal dan instansi, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala madrasah dalam pendekatan melakukan pendekatan personal dan instansi dan selalu mengedepankan kerjasama dengan para bawahan untuk mencapai tujuan bersama. Ia selalu memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, dan senantiasa berusaha membangun semangat dan mendorong bawahannya dalam mengerjakan tugas dan agar terus mengembangkan potensi akademisnya. b) Kepala madrasah ketika melaksanakan kepemimpinannya selalu melihat keadaan dan kemampuan para bawahannya. 2) Pada MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol pendekatan kepemimpinan kepala madrasah adalah pendekatan situasional, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dalam menentukan tipe kepemimpinan berdasarkan dengan melihat situasi dan kondisi yang dihadapi oleh kepala sekolah, b),Kepala Madrasah mengedapankan kerjasama dan memupuk optimalisasi potensi dan pengembangan akademik, c)melihat keadaan dan kemampuan yang dimiki dala pemberian tugas 2) Motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagungmelalui: a) pengaturan lingkungan yang kondusif akan menumbuhkan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya. b) pengaturan suasana kerja yang tenang dan menyenangkan juga akan membangkitkan profesionalismeguru. c) kepala madrasah menanamkan disiplin kepada semua bawahannya. Melalui disiplin ini diharapkan dapat tercapai tujuan secara efektif dan efesien, serta dapat meningkatkan produktifitas sekolah. 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah a) kepala sekolah memberikan kesempatan pada guru untuk meningkatkan profesinya melalui penataran, diklat, seminar dan lokakarya, b) kepala sekolah memberikan dorongan dan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi, c) kepala sekolah memperhatikan rencana kebutuhan akan guru secara jelas, d) kepala sekolah memberikan motivasi guru untuk meningkatkan produktifitas kerjanya, e) memperhatikan kesejahteraan guru, f) melaksanakan kerjasama dengan guru dan perusahaan atau lembaga lain dalam pelaksanaan program sekolah, g) Memberikan pembinaan melalui supervise kaitannya dengan administrasi pembelajaran dan Kegiatan Belajar Mengajar, h) Mengoptimalkan kegiatan MGMP baik yang di dalam sekolah maupun yang di luar sekolah, i) Kepala sekolah menganjurkan persiapan sertifikasi.</description><date>2015-12-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/1/BAB%20I%2C%20BU%20NURUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/2/BAB%20II%2C%20BU%20NURUL%20revisi%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/3/COVER%20CS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/4/BAB%20III%2C%20BU%20NURUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/6/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/8/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/9/BIODATA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/10/BAB%20IV%20BU%20NURUL.pdf</identifier><identifier> Nurul Hidayati, 2841134018 (2015) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. [ Thesis ] </identifier><recordID>3010</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurul Hidayati, 2841134018
title KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung
publishDate 2015
isbn 9782841134014
topic Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/1/BAB%20I%2C%20BU%20NURUL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/2/BAB%20II%2C%20BU%20NURUL%20revisi%201.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/3/COVER%20CS.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/4/BAB%20III%2C%20BU%20NURUL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/5/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/6/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/7/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/8/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/9/BIODATA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/10/BAB%20IV%20BU%20NURUL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3010/
contents Nurul Hidayati 2015. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan 2) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: kepemimpinan, kepala madrasah, profesionalisme guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh peningkatan profesionalisme guru dianggap pilihan paling tepat untuk mempersiapkan para guru dalam upaya menjawab tantangan zaman. Karena dengan profesionalisme dapat membuat para personil madrasah menjadi berkekuatan dalam profesi yang diembannya. Sebagai seorang kepala madrasah banyak langkah strategis yang dapat dilakukan guna meningkatkan profesionalisme guru sebagai bawahannya. Di dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, bagi guru di madrasah akan sangat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari pimpinan mereka, sebab hal ini merupakan modal yang sangat penting sehingga hampir setiap tindakan dan kebijakan yang diambil/dilakukan oleh seorang pemimpin mempunyai dampak yang positif dan negatif bagi bawahan yang dipimpinnya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti fokus penelitian ini adalah: pendekatan, motivasi dan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rumusan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah 1) pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam profesionalisme guru termasuk ke dalam pendekatan personal dan instansi, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala madrasah dalam pendekatan melakukan pendekatan personal dan instansi dan selalu mengedepankan kerjasama dengan para bawahan untuk mencapai tujuan bersama. Ia selalu memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, dan senantiasa berusaha membangun semangat dan mendorong bawahannya dalam mengerjakan tugas dan agar terus mengembangkan potensi akademisnya. b) Kepala madrasah ketika melaksanakan kepemimpinannya selalu melihat keadaan dan kemampuan para bawahannya. 2) Pada MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol pendekatan kepemimpinan kepala madrasah adalah pendekatan situasional, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dalam menentukan tipe kepemimpinan berdasarkan dengan melihat situasi dan kondisi yang dihadapi oleh kepala sekolah, b),Kepala Madrasah mengedapankan kerjasama dan memupuk optimalisasi potensi dan pengembangan akademik, c)melihat keadaan dan kemampuan yang dimiki dala pemberian tugas 2) Motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagungmelalui: a) pengaturan lingkungan yang kondusif akan menumbuhkan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya. b) pengaturan suasana kerja yang tenang dan menyenangkan juga akan membangkitkan profesionalismeguru. c) kepala madrasah menanamkan disiplin kepada semua bawahannya. Melalui disiplin ini diharapkan dapat tercapai tujuan secara efektif dan efesien, serta dapat meningkatkan produktifitas sekolah. 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah a) kepala sekolah memberikan kesempatan pada guru untuk meningkatkan profesinya melalui penataran, diklat, seminar dan lokakarya, b) kepala sekolah memberikan dorongan dan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi, c) kepala sekolah memperhatikan rencana kebutuhan akan guru secara jelas, d) kepala sekolah memberikan motivasi guru untuk meningkatkan produktifitas kerjanya, e) memperhatikan kesejahteraan guru, f) melaksanakan kerjasama dengan guru dan perusahaan atau lembaga lain dalam pelaksanaan program sekolah, g) Memberikan pembinaan melalui supervise kaitannya dengan administrasi pembelajaran dan Kegiatan Belajar Mengajar, h) Mengoptimalkan kegiatan MGMP baik yang di dalam sekolah maupun yang di luar sekolah, i) Kepala sekolah menganjurkan persiapan sertifikasi.
id IOS7171.3010
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:02Z
last_indexed 2020-08-11T07:24:04Z
recordtype dc
_version_ 1674713362935578624
score 17.538404