Daftar Isi:
  • ABSTRAK KHAMIM MUTAMMIMAH, NIM. 3211113100, 2015 “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode An-Nahdliyah di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, 2015. Pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode An-Nahdliyah Latar belakang masalah dalam penulisan skripsi ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya motivasi siswa, perbedaan latar belakang sekolah serta lingkungan yang kurang mendukung. Dalam hal ini peneliti menjelaskan tentang upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam belajar membaca Al-Qur’an di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Apa saja upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Apakah yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode An-Nahdliyah di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam belajar membaca Al-Qur’an di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, 2) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode An-Nahdliyah di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data reduksi data, kategori, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Penelitian ini melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan mengadakan member check. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam belajar membaca Al-Qur’an di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung dilaksanakan secara kolektif, dimulai dari penyampaian jilid hingga tartilul Qur’an. 2) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung yaitu diadakan kepesantrenan. Kegiatan kepesantrenan tersebut diisi dengan pembacaan kajian kitab kuning dan mengadakan karantina baca Al-Qur’an. 3) faktor yang mendukung pelaksanaan metode An-Nahdliyah adalah peserta didik, guru/pengajar dan adanya sumber belajar. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah kurang semangatnya peserta didik, kurangnya guru/pengajar serta sarana dan prasarana.