PENGARUH PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

Main Author: Abidin, Iin Azizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/1/1.Cover.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/2/2.Persetujuan%20Pembimbing.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/3/3.Pengesahan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/4/4.Pernyataan%20Keaslian.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/5/5.Motto.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/6/6.Persembahan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/7/7.Prakata.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/8/8.Daftar%20Tabel.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/9/9.Daftar%20Lampiran.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/10/10.Abstrak.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/11/11.Daftar%20%20Isi.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/12/12.BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/13/13.BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/14/14.BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/15/15.BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/16/16.BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/17/17.BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/18/18.Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/19/19.Angket.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/20/20.Pedoman%20Interview%20dan%20Observasi.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/21/21.Distribusi%20jawaban%20siswa%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/22/21.Distribusi%20jawaban%20siswa%203.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/23/21.Distribusi%20jawaban%20siswa%204.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/24/21.Distribusi%20jawaban%20siswa.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/25/22.Nilai%20Prestasi.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/26/BIODATA%20PENULIS.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/27/EXECUTIVE%20SUMMARY.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2714/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama: Iin Azizah NIM. 2845134019 “Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Perilaku Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek”, Tesis 2015, Program Pasca Sarjana, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maftukhin, M.Ag dan Dr. Prim Masrokhan Muthohar, M.Ag. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak, Pendidikan Kewarganegaraan, Perilaku Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya tindakan siswa yang menyimpang dari ajaran agama dan tuntunan moral yang berlaku dimasyarakat. Idealnya, siswa yang telah menguasai tentang teori dan materi aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan dikelas dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena mata pelajaran tersebut tidak hanya ranah kognitif saja tetapi mencakup pula ranah afektif dan psikomotorik. Dengan demikian ukuran keberhasilan dalam mencapai tujuan mata pelajaran aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan tidak hanya pada teori saja, tetapi juga dari perilaku siswa tersebut sebagaimana yang telah dipelajari. Sehingga dapat membentuk perilaku yang baik pada diri sisiwa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum prestasi belajar aqidah akhlak, prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dan perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (2) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (4) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran umum prestasi belajar aqidah akhlak, prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dan perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah pendekatan kuantitatif atau analisis data statistik. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa siswi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Gandusari sebanyak 199 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode observasi, metode wawancara, metode angket dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan thitung > ttabel (13.990 > 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel prestasi belajar Aqidah Akhlak adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2.200> 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel prestasi belajar siswa pendidikan kewarganegaraan adalah 0.031 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,031 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan Fhitung (148.890) > Ftabel (3.140) dengan nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,010 < 0,05).