Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
ctrlnum |
259 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/</relation><title>Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran
2013/2014</title><creator>Palupi, Diah Titah Suko</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions), Hasil Belajar IPS.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa khususnya mata pelajaran IPS. Salah satu indikator penyebab rendahnya
hasil belajar IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam kegiatan
pembelajaran. Hal ini ditambah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh
guru mata pelajaran IPS kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang
bersemangat serta pemahaman siswa tehadap materi kurang, sehingga hasil
belajar siswa di MI Negeri Tunggangri Kalidawir masih rendah. Salah satu cara
meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melibatkan mereka secara aktif
untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai
kemampuan yang diajarkan guru. Jika para peserta didik ingin timnya
mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk
mempelajari materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah
model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III
MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2)
Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri
Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada
mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri
Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri
Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK
Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir
Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes,
observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
xvii
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta
didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan
dengan rata-rata hasil tes awal 61 pada siklus I menjadi 73,36 dan pada siklus II
naik menjadi 87,92. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu
28%, pada siklus I menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84%.
Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III MI
Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.</description><date>2014-12-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/1/Bagian%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/2/BAB%20I%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/3/BAB%20II%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/4/BAB%20III%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/5/BAB%20IV%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/6/BAB%20V%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/7/DFTR%20RJUKN.pdf</identifier><identifier> Palupi, Diah Titah Suko (2014) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>259</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
Palupi, Diah Titah Suko |
title |
Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran
2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
Pendidikan Dasar |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/1/Bagian%20Awal.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/2/BAB%20I%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/3/BAB%20II%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/4/BAB%20III%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/5/BAB%20IV%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/6/BAB%20V%281%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/7/DFTR%20RJUKN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id/ |
contents |
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions), Hasil Belajar IPS.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa khususnya mata pelajaran IPS. Salah satu indikator penyebab rendahnya
hasil belajar IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam kegiatan
pembelajaran. Hal ini ditambah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh
guru mata pelajaran IPS kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang
bersemangat serta pemahaman siswa tehadap materi kurang, sehingga hasil
belajar siswa di MI Negeri Tunggangri Kalidawir masih rendah. Salah satu cara
meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melibatkan mereka secara aktif
untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai
kemampuan yang diajarkan guru. Jika para peserta didik ingin timnya
mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk
mempelajari materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah
model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III
MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2)
Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri
Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada
mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri
Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri
Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK
Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir
Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes,
observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
xvii
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta
didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan
dengan rata-rata hasil tes awal 61 pada siklus I menjadi 73,36 dan pada siklus II
naik menjadi 87,92. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu
28%, pada siklus I menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84%.
Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III MI
Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. |
id |
IOS7171.259 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:32Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713348004904960 |
score |
17.538404 |