ctrlnum 259
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/</relation><title>Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe&#xD; STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar&#xD; IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran&#xD; 2013/2014</title><creator>Palupi, Diah Titah Suko</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams&#xD; Achievement Divisions), Hasil Belajar IPS.&#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar&#xD; siswa khususnya mata pelajaran IPS. Salah satu indikator penyebab rendahnya&#xD; hasil belajar IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam kegiatan&#xD; pembelajaran. Hal ini ditambah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh&#xD; guru mata pelajaran IPS kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang&#xD; bersemangat serta pemahaman siswa tehadap materi kurang, sehingga hasil&#xD; belajar siswa di MI Negeri Tunggangri Kalidawir masih rendah. Salah satu cara&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melibatkan mereka secara aktif&#xD; untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai&#xD; kemampuan yang diajarkan guru. Jika para peserta didik ingin timnya&#xD; mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk&#xD; mempelajari materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe STAD.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana&#xD; penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams&#xD; Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III&#xD; MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2)&#xD; Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri&#xD; Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?&#xD; Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada&#xD; mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri&#xD; Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan&#xD; peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri&#xD; Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.&#xD; Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK&#xD; Kemmis &amp; Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus&#xD; terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.&#xD; Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir&#xD; Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes,&#xD; observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang&#xD; digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; xvii&#xD; Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta&#xD; didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.&#xD; Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran&#xD; kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan&#xD; dengan rata-rata hasil tes awal 61 pada siklus I menjadi 73,36 dan pada siklus II&#xD; naik menjadi 87,92. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu&#xD; 28%, pada siklus I menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84%.&#xD; Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe&#xD; STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III MI&#xD; Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.</description><date>2014-12-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/1/Bagian%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/2/BAB%20I%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/3/BAB%20II%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/4/BAB%20III%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/5/BAB%20IV%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/6/BAB%20V%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/7/DFTR%20RJUKN.pdf</identifier><identifier> Palupi, Diah Titah Suko (2014) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>259</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Palupi, Diah Titah Suko
title Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/1/Bagian%20Awal.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/2/BAB%20I%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/3/BAB%20II%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/4/BAB%20III%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/5/BAB%20IV%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/6/BAB%20V%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/7/DFTR%20RJUKN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/259/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), Hasil Belajar IPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS. Salah satu indikator penyebab rendahnya hasil belajar IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang bersemangat serta pemahaman siswa tehadap materi kurang, sehingga hasil belajar siswa di MI Negeri Tunggangri Kalidawir masih rendah. Salah satu cara meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melibatkan mereka secara aktif untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan guru. Jika para peserta didik ingin timnya mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk mempelajari materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. xvii Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 61 pada siklus I menjadi 73,36 dan pada siklus II naik menjadi 87,92. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu 28%, pada siklus I menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
id IOS7171.259
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:32Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:35Z
recordtype dc
_version_ 1674713348004904960
score 17.538404