ctrlnum 2339
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/</relation><title>&#x201C;&#xD; UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN&#xD; BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL&#xD; -&#xD; QUR&#x2019;AN&#xD; HADIS DI MAN TLOGO BLITAR&#xD; TAHUN&#xD; AJARAN 2014/2015"</title><creator>DHUHROH, ERNI MIFTAKHU</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;&#xD; Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan&#xD; Belajar Siswa&#xD; Pada Mata Pelajaran Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis Di Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran&#xD; 2014/2015&#xD; &#x201D; ini ditulis oleh Erni Miftakhu Dhuhroh, NIM. 3211113069,&#xD; pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag&#xD; Kata kunci:&#xD; G&#xD; uru,&#xD; K&#xD; esulitan&#xD; B&#xD; elajar, Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis&#xD; Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa&#xD; mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.&#xD; Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di MAN Tlogo Blitar&#xD; yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil&#xD; belajar yang diharapkan,&#xD; baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu, guru harus&#xD; melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa&#xD; tersebut.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja&#xD; kesuli&#xD; tan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis&#xD; di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?&#xD; (2)&#xD; Bagaimana metode yang&#xD; digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran&#xD; Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis di MAN Tlogo Blit&#xD; ar tahun ajaran 2014/2015?&#xD; (3)&#xD; Bagaimana&#xD; evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada&#xD; mata pelajaran Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?&#xD; (&#xD; 4&#xD; ) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam&#xD; mengatasi&#xD; kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis di MAN Tlogo&#xD; Blitar tahun ajaran 2014/2015?&#xD; Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai&#xD; sumbangan pikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran.&#xD; Bagi guru Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai masukan dalam memilih&#xD; strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat&#xD; mencapai tujuan pembelajaran yang opti&#xD; mal. Bagi siswa Madrasah Aliyah Tlogo&#xD; Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar&#xD; Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis. Bagi pembaca sebagai t&#xD; ambah&#xD; an&#xD; wawasan dan sebagai bahan&#xD; referensi tentang&#xD; upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, s&#xD; ehingga dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran&#xD; Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an&#xD; Hadis&#xD; .&#xD; Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Dalam penelitian ini&#xD; digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan&#xD; untuk mempe&#xD; roleh informasi tentang upaya guru Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis dalam&#xD; mengatasi&#xD; kesulitan belajar siswa MAN Tlogo Blitar. Sedangkan metode&#xD; dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sarana&#xD; prasarana dan dokumen Madrasah.&#xD; Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang&#xD; mengalami kesulitan belajar Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis. Hal ini disebabkan karena faktor&#xD; kelelahan dan kurangnya minat serta kemauan dari siswa itu sendiri.&#xD; Terlihat dari&#xD; xvii&#xD; siswa dalam menghafal, kurangya minat sehingga ma&#xD; teri yang disampaikan oleh&#xD; guru tida bisa diterima dengan baik. Selanjutnya tentang metode pembelajran&#xD; yang digunaka oleh guru yakni metode ceramah, metode diskusi, metode&#xD; perm&#xD; a&#xD; inan, dan juga metode rew&#xD; a&#xD; rd.&#xD; Kemudian evaluasi yang digunakan oleh guru yakni&#xD; evaluasi tulisan&#xD; digunakan untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan juga ulangan akhir&#xD; semester. Selain evaluasi tulisan, guru juga menggunakan evaluasi bentuk lisan.&#xD; Bentuk lisan ini digunakan ketika hafalan ayat&#xD; -&#xD; ayat Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an dan hadis&#xD; -&#xD; hadis&#xD; y&#xD; ang berkaitan dengan materi pelajaran.&#xD; Yang terakhir yakni faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam&#xD; mengatasi kesulitan belajar siswa yakni tersedianya sarana prasarana yang&#xD; memadai, dan juga kegiatan keagamaan serta lingkungan yang sangat&#xD; me&#xD; n&#xD; dukung&#xD; .&#xD; Sedangan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan&#xD; belajar siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan minat siswa untuk&#xD; belajar Al&#xD; -&#xD; Qur&#x2019;an Hadis dengan sungguh&#xD; -&#xD; sungguh.&#xD; Oleh karena itu, guru&#xD; berupaya untuk memberikan suasana&#xD; pembelajaran yang menyenangkan sehingga&#xD; membangkitka&#xD; n semangat siswa untuk belajar</description><date>2015-08-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/2/2.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/3/3.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/4/4.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/5/5.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/6/6.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/7/7.%20DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/8/8.%20lampiran.pdf</identifier><identifier> DHUHROH, ERNI MIFTAKHU (2015) &#x201C; UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR&#x2019;AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015". [ Skripsi ] </identifier><recordID>2339</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author DHUHROH, ERNI MIFTAKHU
title “ UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015"
publishDate 2015
topic Agama
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/1/1.%20cover.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/3/3.%20BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/4/4.BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/5/5.%20BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/6/6.%20BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/7/7.%20DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/8/8.%20lampiran.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadis Di Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2014/2015 ” ini ditulis oleh Erni Miftakhu Dhuhroh, NIM. 3211113069, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag Kata kunci: G uru, K esulitan B elajar, Al - Qur’an Hadis Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di MAN Tlogo Blitar yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan, baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu, guru harus melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja kesuli tan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana metode yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blit ar tahun ajaran 2014/2015? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? ( 4 ) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai sumbangan pikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai masukan dalam memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang opti mal. Bagi siswa Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar Al - Qur’an Hadis. Bagi pembaca sebagai t ambah an wawasan dan sebagai bahan referensi tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, s ehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan untuk mempe roleh informasi tentang upaya guru Al - Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar siswa MAN Tlogo Blitar. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana dan dokumen Madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar Al - Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan karena faktor kelelahan dan kurangnya minat serta kemauan dari siswa itu sendiri. Terlihat dari xvii siswa dalam menghafal, kurangya minat sehingga ma teri yang disampaikan oleh guru tida bisa diterima dengan baik. Selanjutnya tentang metode pembelajran yang digunaka oleh guru yakni metode ceramah, metode diskusi, metode perm a inan, dan juga metode rew a rd. Kemudian evaluasi yang digunakan oleh guru yakni evaluasi tulisan digunakan untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan juga ulangan akhir semester. Selain evaluasi tulisan, guru juga menggunakan evaluasi bentuk lisan. Bentuk lisan ini digunakan ketika hafalan ayat - ayat Al - Qur’an dan hadis - hadis y ang berkaitan dengan materi pelajaran. Yang terakhir yakni faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yakni tersedianya sarana prasarana yang memadai, dan juga kegiatan keagamaan serta lingkungan yang sangat me n dukung . Sedangan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan minat siswa untuk belajar Al - Qur’an Hadis dengan sungguh - sungguh. Oleh karena itu, guru berupaya untuk memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga membangkitka n semangat siswa untuk belajar
id IOS7171.2339
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:56Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:58Z
recordtype dc
_version_ 1674713359535046656
score 17.538404