“ UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015"
ctrlnum |
2339 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/</relation><title>“
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL
-
QUR’AN
HADIS DI MAN TLOGO BLITAR
TAHUN
AJARAN 2014/2015"</title><creator>DHUHROH, ERNI MIFTAKHU</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Al
-
Qur’an Hadis Di Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran
2014/2015
” ini ditulis oleh Erni Miftakhu Dhuhroh, NIM. 3211113069,
pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag
Kata kunci:
G
uru,
K
esulitan
B
elajar, Al
-
Qur’an Hadis
Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa
mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di MAN Tlogo Blitar
yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil
belajar yang diharapkan,
baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu, guru harus
melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa
tersebut.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja
kesuli
tan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis
di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?
(2)
Bagaimana metode yang
digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran
Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blit
ar tahun ajaran 2014/2015?
(3)
Bagaimana
evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada
mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?
(
4
) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam
mengatasi
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo
Blitar tahun ajaran 2014/2015?
Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai
sumbangan pikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran.
Bagi guru Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai masukan dalam memilih
strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran yang opti
mal. Bagi siswa Madrasah Aliyah Tlogo
Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar
Al
-
Qur’an Hadis. Bagi pembaca sebagai t
ambah
an
wawasan dan sebagai bahan
referensi tentang
upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, s
ehingga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
Al
-
Qur’an
Hadis
.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Dalam penelitian ini
digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan
untuk mempe
roleh informasi tentang upaya guru Al
-
Qur’an Hadis dalam
mengatasi
kesulitan belajar siswa MAN Tlogo Blitar. Sedangkan metode
dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sarana
prasarana dan dokumen Madrasah.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang
mengalami kesulitan belajar Al
-
Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan karena faktor
kelelahan dan kurangnya minat serta kemauan dari siswa itu sendiri.
Terlihat dari
xvii
siswa dalam menghafal, kurangya minat sehingga ma
teri yang disampaikan oleh
guru tida bisa diterima dengan baik. Selanjutnya tentang metode pembelajran
yang digunaka oleh guru yakni metode ceramah, metode diskusi, metode
perm
a
inan, dan juga metode rew
a
rd.
Kemudian evaluasi yang digunakan oleh guru yakni
evaluasi tulisan
digunakan untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan juga ulangan akhir
semester. Selain evaluasi tulisan, guru juga menggunakan evaluasi bentuk lisan.
Bentuk lisan ini digunakan ketika hafalan ayat
-
ayat Al
-
Qur’an dan hadis
-
hadis
y
ang berkaitan dengan materi pelajaran.
Yang terakhir yakni faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa yakni tersedianya sarana prasarana yang
memadai, dan juga kegiatan keagamaan serta lingkungan yang sangat
me
n
dukung
.
Sedangan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan minat siswa untuk
belajar Al
-
Qur’an Hadis dengan sungguh
-
sungguh.
Oleh karena itu, guru
berupaya untuk memberikan suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga
membangkitka
n semangat siswa untuk belajar</description><date>2015-08-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/2/2.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/3/3.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/4/4.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/5/5.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/6/6.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/7/7.%20DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/8/8.%20lampiran.pdf</identifier><identifier> DHUHROH, ERNI MIFTAKHU (2015) “ UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015". [ Skripsi ] </identifier><recordID>2339</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
DHUHROH, ERNI MIFTAKHU |
title |
“
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL
-
QUR’AN
HADIS DI MAN TLOGO BLITAR
TAHUN
AJARAN 2014/2015" |
publishDate |
2015 |
topic |
Agama Pendidikan Tinggi |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/1/1.%20cover.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/2/2.%20BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/3/3.%20BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/4/4.BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/5/5.%20BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/6/6.%20BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/7/7.%20DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/8/8.%20lampiran.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2339/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Al
-
Qur’an Hadis Di Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran
2014/2015
” ini ditulis oleh Erni Miftakhu Dhuhroh, NIM. 3211113069,
pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag
Kata kunci:
G
uru,
K
esulitan
B
elajar, Al
-
Qur’an Hadis
Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa
mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di MAN Tlogo Blitar
yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil
belajar yang diharapkan,
baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu, guru harus
melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa
tersebut.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja
kesuli
tan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis
di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?
(2)
Bagaimana metode yang
digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran
Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blit
ar tahun ajaran 2014/2015?
(3)
Bagaimana
evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada
mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015?
(
4
) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam
mengatasi
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al
-
Qur’an Hadis di MAN Tlogo
Blitar tahun ajaran 2014/2015?
Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai
sumbangan pikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran.
Bagi guru Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai masukan dalam memilih
strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran yang opti
mal. Bagi siswa Madrasah Aliyah Tlogo
Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar
Al
-
Qur’an Hadis. Bagi pembaca sebagai t
ambah
an
wawasan dan sebagai bahan
referensi tentang
upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, s
ehingga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
Al
-
Qur’an
Hadis
.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Dalam penelitian ini
digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan
untuk mempe
roleh informasi tentang upaya guru Al
-
Qur’an Hadis dalam
mengatasi
kesulitan belajar siswa MAN Tlogo Blitar. Sedangkan metode
dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sarana
prasarana dan dokumen Madrasah.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang
mengalami kesulitan belajar Al
-
Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan karena faktor
kelelahan dan kurangnya minat serta kemauan dari siswa itu sendiri.
Terlihat dari
xvii
siswa dalam menghafal, kurangya minat sehingga ma
teri yang disampaikan oleh
guru tida bisa diterima dengan baik. Selanjutnya tentang metode pembelajran
yang digunaka oleh guru yakni metode ceramah, metode diskusi, metode
perm
a
inan, dan juga metode rew
a
rd.
Kemudian evaluasi yang digunakan oleh guru yakni
evaluasi tulisan
digunakan untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan juga ulangan akhir
semester. Selain evaluasi tulisan, guru juga menggunakan evaluasi bentuk lisan.
Bentuk lisan ini digunakan ketika hafalan ayat
-
ayat Al
-
Qur’an dan hadis
-
hadis
y
ang berkaitan dengan materi pelajaran.
Yang terakhir yakni faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa yakni tersedianya sarana prasarana yang
memadai, dan juga kegiatan keagamaan serta lingkungan yang sangat
me
n
dukung
.
Sedangan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan minat siswa untuk
belajar Al
-
Qur’an Hadis dengan sungguh
-
sungguh.
Oleh karena itu, guru
berupaya untuk memberikan suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga
membangkitka
n semangat siswa untuk belajar |
id |
IOS7171.2339 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:56Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713359535046656 |
score |
17.538404 |