ctrlnum 2334
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/</relation><title>ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERKAIT MATERI GEOMETRI DI KELAS VIII EKSELEN-1 MTSN KUNIR WONODADI BLITAR PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>SA&#x2019;ADAH, NAILI</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Analisis Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Geometri Di Kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015,&#x201D; ini ditulis oleh Naili Sa&#x2019;adah, NIM. 3214113124. Pembimbing Maryono, M.Pd.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analogis, Geometri&#xD; &#xD; Matematika, bukan hanya berhitung secara mekanis dan prosedural (menggunakan otak kiri), melainkan juga bernalar dan berpikir secara kreatif dan inovatif dalam upaya memecahkan berbagai masalah dan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik (menggunakan otak kanan). Salah satu caranya ialah dengan menggunakan analogi (keserupaan). Berpikir analogis dapat membantu memecahkan masalah matematika yaitu dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah yang baru, diantaranya dalam mempelajari materi geometri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir analogis siswa yang meliputi 4 tahap yaitu tahap encoding, inferring, mapping dan aplying dalam menyelesaikan soal terkait materi geometri di kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara, 3)menyimpulkan data.&#xD; Berdasarkan hasil TBAM siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok analogis tinggi, analogis sedang dan analogis rendah. Siswa pada kelompok analogis tinggi mampu melakukan setiap tahap berpikir analogis dengan baik. Siswa pada kelompok analogis sedang mampu melalui tahap encoding dengan baik. Pada tahap inferring, mapping dan applying cenderung kurang mampu melakukannya karena tingkat ketelitian yang masih kurang, namun dapat mengetahui kesalahan yang dilakukan. Siswa pada kelompok analogis rendah mampu melakukan encoding, namun pada tahap selanjutnya cenderung belum dapat melakukannya karena kurangnya pemahaman konsep dan ketelitian yang harus ditingkatkan.</description><date>2015-09-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/1/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/3/Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/4/Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SA&#x2019;ADAH, NAILI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERKAIT MATERI GEOMETRI DI KELAS VIII EKSELEN-1 MTSN KUNIR WONODADI BLITAR PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ] </identifier><recordID>2334</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author SA’ADAH, NAILI
title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERKAIT MATERI GEOMETRI DI KELAS VIII EKSELEN-1 MTSN KUNIR WONODADI BLITAR PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic Matematika
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/1/COVER%20LUAR.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/2/COVER%20DALAM.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/3/Bab%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/4/Bab%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/5/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/6/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/7/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2334/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Geometri Di Kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015,” ini ditulis oleh Naili Sa’adah, NIM. 3214113124. Pembimbing Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analogis, Geometri Matematika, bukan hanya berhitung secara mekanis dan prosedural (menggunakan otak kiri), melainkan juga bernalar dan berpikir secara kreatif dan inovatif dalam upaya memecahkan berbagai masalah dan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik (menggunakan otak kanan). Salah satu caranya ialah dengan menggunakan analogi (keserupaan). Berpikir analogis dapat membantu memecahkan masalah matematika yaitu dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah yang baru, diantaranya dalam mempelajari materi geometri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir analogis siswa yang meliputi 4 tahap yaitu tahap encoding, inferring, mapping dan aplying dalam menyelesaikan soal terkait materi geometri di kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara, 3)menyimpulkan data. Berdasarkan hasil TBAM siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok analogis tinggi, analogis sedang dan analogis rendah. Siswa pada kelompok analogis tinggi mampu melakukan setiap tahap berpikir analogis dengan baik. Siswa pada kelompok analogis sedang mampu melalui tahap encoding dengan baik. Pada tahap inferring, mapping dan applying cenderung kurang mampu melakukannya karena tingkat ketelitian yang masih kurang, namun dapat mengetahui kesalahan yang dilakukan. Siswa pada kelompok analogis rendah mampu melakukan encoding, namun pada tahap selanjutnya cenderung belum dapat melakukannya karena kurangnya pemahaman konsep dan ketelitian yang harus ditingkatkan.
id IOS7171.2334
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:56Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:58Z
recordtype dc
_version_ 1674713359511977984
score 17.538404