PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTs WALISONGO BESUKI TULUNGAGUNG

Main Author: TRINASARI, ARNES JAINUR
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2300/1/cover%20skripsi%20arnes%20J.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2300/2/skripsi%20arnes%20jainur%20T.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2300/3/lampiran%20arnes%20J.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2300/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bimbingan belajar terhadap anak, banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga melupakan tanggungjawabnya sebagai pendidik, bahkan anak dibiarkan belajar sendiri tanpa adanya pengawasan, pengarahan dan motivasi dari orang tua mereka dan kebanyakan dari mereka itu menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya dilembaga formal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua dalam bentuk pengawasan terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa MTs Walisongo Besuki Tulungagung? (2) Adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua dalam bentuk motivasi terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa MTs Walisongo Besuki Tulungagung?. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengeruh bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar (aqidah akhlak) siswa. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode diatas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data dianalisis, akhirnya disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dalam bentuk pengawasan terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung dengan nilai “r” product moment 0,258 dengan interpretasi rendah. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dalam bentuk motivasi terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung dengan nilai “r” product moment 0,275 dengan interpretasi rendah.