PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Istiqomah, NIM. 3217113053, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model Scramble. Penggunaan model Scramble dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Aqidah Akhlak, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan langkah-langkah model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan kalimat tayibah 2 siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan kalimat tayibah 2 melalui penerapan model pembelajaran scramble pada siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan kalimat tayibah 2 siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan kalimat tayibah 2 melalui penerapan model pembelajaran scramble pada siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Scramble dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menyajikan materi sesuai kompetensi, membagikan lembar kerja, Siswa mencari jawaban dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk suatu jawaban, dan diakhir pembelajaran guru memberi kesimpulan, dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 69,36 (51,21%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 76,82 (87,80%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 7,46. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi kalimat tayibah 2 kelas V di MIN Pucung Ngantru Tulungagung.