PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MIN JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG

Main Author: ZAROQ, SITI FATIMATUS
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/1/Bagian%20Awal.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/2/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/3/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/4/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/7/daftar%20rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Acheivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas III MIN Jeli Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Fatimatus Zaroq, NIM. 3217113092, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Teams Acheivement Division (STAD), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah, yang mununjukkan bahwa hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran Student Teams Acheivement Division (STAD). Penggunaan model pembelajaran Student Teams Acheivement Division (STAD) dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III MIN Jeli Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) siswa kelas III MIN Jeli Krangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MIN Jeli Karangrejo Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams acheivement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes terakhir pada proses belajar mengajar mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar (80,64%), kemudian pada siklus ke II (96,55%). Sehingga ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan sebesar 15,91% dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pambahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student teams acheivement division xvii (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III MIN Jeli Karangrejo Tulungagung.