Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Huda, Yadhik Mutfiha
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id
ctrlnum 196
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/</relation><title>Penerapan Metode Eksperimen untuk&#xD; Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan&#xD; Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri&#xD; Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Huda, Yadhik Mutfiha</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan&#xD; Alam.&#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses&#xD; pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari&#xD; Ngunut Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini&#xD; disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam&#xD; kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa&#xD; metode pemebelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil&#xD; belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Eksperimen, yaitu suatu metode&#xD; pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar&#xD; peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan&#xD; daya kreativitas.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana&#xD; penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam&#xD; materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri&#xD; Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana&#xD; peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan&#xD; menggunakan metode eksperimen pada peserta didik kelas IV Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?&#xD; Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan&#xD; metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat&#xD; benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut&#xD; Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan&#xD; hasil belajar peserta didik setelah mengunakan pembelajaran metode eksperimen&#xD; pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada&#xD; siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung&#xD; tahun ajaran 2013/2014?&#xD; Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action&#xD; Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu&#xD; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah&#xD; siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung.&#xD; Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi,&#xD; wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan&#xD; mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator&#xD; keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik&#xD; xix&#xD; mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria&#xD; Ketuntasan Minimal 70.&#xD; Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan&#xD; dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai&#xD; rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66,40 (68%) yang berada pada&#xD; kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80,40 (88%) dan berada&#xD; pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 20. Dari data&#xD; tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil&#xD; belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV&#xD; Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran&#xD; 2013/2014.&#xD; xx</description><date>2014-12-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf</identifier><identifier> Huda, Yadhik Mutfiha (2014) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id</relation><recordID>196</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Huda, Yadhik Mutfiha
title Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2014
isbn 283217103095
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id
contents Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa metode pemebelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Eksperimen, yaitu suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreativitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengunakan pembelajaran metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik xix mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66,40 (68%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80,40 (88%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 20. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. xx
id IOS7171.196
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:30Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:34Z
recordtype dc
_version_ 1674713347595960320
score 17.538404