Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Huda, Yadhik Mutfiha |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id |
ctrlnum |
196 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/</relation><title>Penerapan Metode Eksperimen untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan
Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Huda, Yadhik Mutfiha</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari
Ngunut Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini
disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam
kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa
metode pemebelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Eksperimen, yaitu suatu metode
pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar
peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan
daya kreativitas.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana
peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan metode eksperimen pada peserta didik kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan
metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat
benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut
Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik setelah mengunakan pembelajaran metode eksperimen
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung
tahun ajaran 2013/2014?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action
Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung.
Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik
xix
mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria
Ketuntasan Minimal 70.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai
rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66,40 (68%) yang berada pada
kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80,40 (88%) dan berada
pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 20. Dari data
tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran
2013/2014.
xx</description><date>2014-12-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf</identifier><identifier> Huda, Yadhik Mutfiha (2014) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id</relation><recordID>196</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
Huda, Yadhik Mutfiha |
title |
Penerapan Metode Eksperimen untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan
Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
isbn |
283217103095 |
topic |
Pendidikan Dasar |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/1/YADHIK%20MUFTIHA%20HUDA%20%283217103095%29.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/196/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id |
contents |
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari
Ngunut Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini
disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam
kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa
metode pemebelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Eksperimen, yaitu suatu metode
pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar
peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan
daya kreativitas.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana
peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan metode eksperimen pada peserta didik kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan
metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat
benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut
Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik setelah mengunakan pembelajaran metode eksperimen
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung
tahun ajaran 2013/2014?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action
Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung.
Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik
xix
mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria
Ketuntasan Minimal 70.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai
rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66,40 (68%) yang berada pada
kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80,40 (88%) dan berada
pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 20. Dari data
tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran
2013/2014.
xx |
id |
IOS7171.196 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:30Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713347595960320 |
score |
17.538404 |