UPAYA GURU TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROKAH Ds. BORO Kec.KEDUNGWARU Kab.TULUNGAGUNG
Main Author: | SARI, PUTRI RUSMITA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/1/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/2/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/3/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/4/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/5/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/6/lampiran%20Awal.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/7/LAMPIRAN%20BELAKANG.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1954/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Upaya Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mubarokah Ds.Boro Kec.Kedungwaru Kab.Tulungagung ” ini ditulis oleh Putri Rusmita Sari, NIM. 3211113151, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci: Guru TPQ dan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi adanya upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca AL-Qur’an. Karena di lembaga tersebut terdapat upaya yang tergolong berbeda dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Salah satunya, seperti dalam hal kenaikan Jilid/Juz. Kepala TPQ berperan sebagai penentu kelulusan kenaikan santri untuk melanjutkan atau tetap pada Jilid/Juz tersebut. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan guru TPQ dalam upaya meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro? 2) Bagaimana pembimbingan guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pembimbingan, dan faktor pendukung maupun penghambat upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro. Skripsi ini bermanfaat Bagi kepala TPQ sebagai bahan dan evaluasi dalam mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas belajar membaca Al-Qur’an terutama di lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang dipimpinnya. Bagi guru sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajarn yang lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an bagi murid-muridnya terutama di lingkungan yang diajarnya. Bagi orang tua sebagai masukan bagi orang tua murid untuk mendidik putra-putri mereka dalam pembelajaran Al-Qur’an terutama saat berada di rumah sehingga kelak bisa berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya. Dalam penelitian ini menggunakan 1) Jenis penelitian Kualitatif-deskriptif. 2) Sumber datanya primer dan skunder. 3) Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, interview, dokumentasi. 4) Tehnik dalam menganalisis data menggunakan tehnik Reduksi data, Penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. 5) Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan kepercayaan (kredibilitas), ketekunan pengamatan, Tringulasi dan pengecekan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro berjalan cukup baik. Dengan menyiapkan materi, metode, fisik dan mental, persiapan alat bahan, dan evaluasi. 2) Pembimbingan guru TPQ dalam meningkatkan kualitas xiv membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro yaitu pembimbingan pengenalan huru-huruf hijaiyah. membiasakan membaca secara klasikal (nderes), membaca secara individu, dan memberikan materi pelajaran. 3) Faktor pendukung upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro meliputi minat santri, dukungan orang tua, sarana dan prasarana di TPQ. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya minat santri, kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan pertemanan.