KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: nurul, ngaisah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/2/BAB%20I%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/3/BAB%20II%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/4/BAB%20III%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/7/DAFTAR%20RUJUKAN%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/
ctrlnum 1910
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/</relation><title>KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>nurul, ngaisah</creator><subject>Matematika</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, ini ditulis oleh Nurul Ngaisah, NIM. 3214113134. Pembimbing Sutopo, M. Pd.&#xD; Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV &#xD; &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh fennomena bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa masih rendah dalam pembelajaran. Mereka sulit untuk mengkomunikasikan gagasan dan pendapatnya tentang materi yang telah diajarkan oleh guru. Kemampuan komunikasi siswa sulit dilihat karena siswa identik hanya melihat dan mengikuti temannya yang dianggap baik di kelasnya. Dalam hal ini peneliti mengggunakan materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi matematika siswa di SMPN 2 Rejotangan dalam menyelasikan soal cerita yang terdapat pada materi SPLDV. &#xD; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian mengenai kemampuan kemampuan komunikasi siswa, diantaranya: 1) Kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) termasuk tingkat rendah. Pada tingkat ini siswa hanya mampu memenuhi kriteria menjelaskan ide, siatuasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar dan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika. Kriteria tersebut juga tidak lengkap dipenuhinya. Siswa hanya mampu menuliskan jawabannya saja, kurang mampu dalam menjelaskan hasil jawaban tersebut, 2) Kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) termasuk tingkat sedang. Pada tingkat ini siswa memenuhi kriteria menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, menjelaskan ide, siatuasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang telah dipelajari dengan baik. Namun kurang memenuhi indikator pada menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika..</description><date>2015-08-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/2/BAB%20I%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/3/BAB%20II%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/4/BAB%20III%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/7/DAFTAR%20RUJUKAN%20.pdf</identifier><identifier> nurul, ngaisah (2015) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ] </identifier><recordID>1910</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author nurul, ngaisah
title KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic Matematika
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/2/BAB%20I%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/3/BAB%20II%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/4/BAB%20III%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/6/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/7/DAFTAR%20RUJUKAN%20.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1910/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, ini ditulis oleh Nurul Ngaisah, NIM. 3214113134. Pembimbing Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Penelitian ini dilatar belakangi oleh fennomena bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa masih rendah dalam pembelajaran. Mereka sulit untuk mengkomunikasikan gagasan dan pendapatnya tentang materi yang telah diajarkan oleh guru. Kemampuan komunikasi siswa sulit dilihat karena siswa identik hanya melihat dan mengikuti temannya yang dianggap baik di kelasnya. Dalam hal ini peneliti mengggunakan materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi matematika siswa di SMPN 2 Rejotangan dalam menyelasikan soal cerita yang terdapat pada materi SPLDV. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai kemampuan kemampuan komunikasi siswa, diantaranya: 1) Kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) termasuk tingkat rendah. Pada tingkat ini siswa hanya mampu memenuhi kriteria menjelaskan ide, siatuasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar dan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika. Kriteria tersebut juga tidak lengkap dipenuhinya. Siswa hanya mampu menuliskan jawabannya saja, kurang mampu dalam menjelaskan hasil jawaban tersebut, 2) Kemampuan komunikasi matematika siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) termasuk tingkat sedang. Pada tingkat ini siswa memenuhi kriteria menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, menjelaskan ide, siatuasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang telah dipelajari dengan baik. Namun kurang memenuhi indikator pada menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika..
id IOS7171.1910
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:51Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:53Z
recordtype dc
_version_ 1674713357127516160
score 17.538404